DATA BMKG 24 Agustus 2019

Jenazah Mahasiswa Aceh yang Meninggal di Kairo Dimakamkan di Ajun Jeumpet

Jenazah Mahasiswa Aceh yang Meninggal di Kairo Dimakamkan di Ajun Jeumpet

HABADAILY.COM—Jenazah almarhum Muhammad Ikram Zamzami, mahasiswa Aceh yang sedang kuliah di Kairo, Mesir, tiba di rumah duka Gampong Ajun Jeumpet, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Rabu (24 April 2019).

Sebeumnya, jenazah tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) sekitar pukul 14.30 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia melalui Jakarta. Jenazah mahasiswa Aceh itu diterbangkan dari Kairo menggunakan pesawat Turkish Airlines ke Jakarta.

Seperti diketahui, Muhammad Ikram Zamzami sempat kritis dan dirawat intensif di Rumah sakit El-Safarat Kairo. Kemudian ia meninggal dunia pada Minggu (21/4/2019) di rumah sakit setempat. Informasi yang diterima, Muhammad Ikram Zamzami meninggal sekira pukul 02.00 waktu Mesir.

"Setelah operasi, kondisi Ikram sempat membaik, tapi pada malam hari kondisinya drop lagi. Ikram meninggal dunia pada pukul 02:00 dini hari waktu Mesir," ujar Tgk Rif'at Zaki, mahasiswa Al-Azhar yang mendampingi Ikram sejak awal di rumah sakit.

Saat prosesi serah terima jenazah dari Dinas Sosial Aceh kepada keluarga yang ikut disaksiskan langsung oleh Zamzami selaku orang tua almarhum, Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM mengatakan dirinya mewakili Pemerintah Aceh turut berbelasungkawa atas meninggalnya Muhammad Ikram Zamzami yang sedang menuntut ilmu di Mesir.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun, hari ini kita saksikan bersama salah satu anak kita telah dipanggil oleh Allah untuk memenuhi janjinya, semoga keluarga tabah dalam menghadapi cobaan ini,” ujar Alhudri.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi terhadap almarhum semenjak dirawat di rumah sakit, hingga menghembuskan nafas terakhir dan dipulangkan ke rumah duka. “Kepada semua pihak yang turut berpartisipasi membantu saudara kita ini yang sedang dilanda musibah, kami ucapkan terimakasih banyak,” kata Alhudri.

Sebagai tanggungjawab Pemerintah Aceh, Dinas Sosial Aceh menanggung semua biaya pemulangan almarhum dari Kairo hingga ke rumah duka senilai Rp 50 juta yang dikirim ke Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor Sentul atas nama Keluarga Mahasiswa Aceh Mesir, untuk kepentingan pemulangan jenazah Muhammad Ikram. Pengiriman uang ke rekening tersebut berdasarkan arahan pihak Kedutaan Besar RI di Kairo, Mesir melalui suratnya Nomor B.557/IV/2019/PROTOKON perihal penyampaian informasi mengenai nomor rekening Keluarga Mahasiswa Aceh Mesir untuk pembiayaan pemulangan jenazah Muhammad Ikram Zamzami.

Selain itu, Anggota DPR RI Sudirman atau Haji Uma juga membantu Rp20 juta untuk biaya pengobatan dan pengurusan jenazah almarhum Ikram Zamzami.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru