Pemerintah Aceh Bhakti Sosial di Sikundo

Redaksi - habadaily
13 Mar 2019, 23:21 WIB
Pemerintah Aceh Bhakti Sosial di Sikundo

HABADAILY.COM—Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) H T Ahmad Dadek SH bersama rombongan mengunjungi Desa Sikundo, Kecamatan Pantee Cermen, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (13 Maret 2019).

Kunjungan tersebut untuk meninjau dan mengasesmen sebelum dilakukan Baksos dan peletakan batu pertama oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk pembangunan  39 unit rumah program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) milik Dinas Sosial Aceh. Rumah KAT adalah rumah bertipe Tipe 24.

Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM mengatakan, beberapa hari lalu saat dirinya bersama Kepala BPBA dan sejumlah SKPA lainnya sedang membahas tentang penanganan bantuan Masjid Palu, Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah  MT meminta Dinsos Aceh bersama BPBA agar memantau langsung kondisi Desa Sikundo.

"Hal ini untu diketahui apa yang bisa dilakukan pemerintah untuk desa terpencil seperti Sikundo," kata Alhudri.

Tidak hanya Sikundo, Nova Iriansyah juga meminta pihaknya meninjau Desa Jamat, Kecematan Linge, Kabupaten Aceh Tengah. Sebab, berdasarkan informasi awal, kondisinya tidak jauh berbeda dengan Sikundo. "Namun kalau saya lihat di sini agak lebih maju dibandingkan dengan Jamat," kata Alhudri.

Tapi intinya, lanjut Alhudri, Nova Iriansyah memerintahkan pihaknya untuk melakukan bakti sosial tahun ini ke dua tempat tersebut.

Kegiatan itu diharapkan juga diikuti oleh dinas-dinas terkait lainnya. "Seperti Dinas Pendidikan, barang kali juga perlu melihat tentang kondisi pendidikan di sini, Dinas Kesehatan untuk memeriksa kesehatan warga di sini,  begitu juta Dinas PUPR, Perkim dan Pengairan,” katanya.

Alhudri menambahkan, bakti sosial di Sikondo dilakukan bukan setelah viralnya jembatan tali Sikundo, melainkan memang sudah direncanakan sejak lama, dan masuk dalam program KAT Dinas Sosial Aceh.

Untuk pembangunan 39 unit rumah KAT, Alhudri mengaku sudah menanyakan langsung kepada Camat Pantee Cermen T Juanda, dan PPTKnya Safwan MM.[]

Loading...