Di Aceh, Pengantin Baru Ini Terima Kartu Nikah Elektronik

Redaksi - habadaily
02 Feb 2019, 23:57 WIB
Di Aceh, Pengantin Baru Ini Terima Kartu Nikah Elektronik Di Aceh, Pengantin Baru Ini Terima Kartu Nikah Elektronik | FOTO: HABADAILY.COM/IST

HABADAILY.COM– Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyerahkan kartu nikah elektronik kepada sepasang suami istri yang baru saja menikah, Fajar Ramadhan dan Sinneri Yulistia di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat (1/2/2019). 

Penyerahan kartu nikah ini dilakukan dalam rangka launching (peluncuran) kartu nikah elektronik, program dari Kemenag.

Kota Banda Aceh merupakan satu-satunya daerah di Aceh yang pertama meluncurkan dan dipilih menjadi pilot project.

“Ini adalah terobosan penting dan menjadi semakin praktis bagi masyarakat yang bepergian tanpa harus membawa-bawa buku nikah, cukup dengan kartu.”Kata Walikota.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh H Asy`ari mengatakan kartu nikah merupakan tambahan dokumen pernikahan yang diberikan kepada pasangan nikah bersama buku nikah.

"Kartu nikah ini diberikan hanya satu kartu untuk satu pasangan nikah. Pemberian kartu nikah dilakukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan yang telah ditetapkan sebagai proyek percontohan," kata H Asy`ari.

Kartu nikah tersebut memuat kode QR yang jika dipindai akan menunjukkan data-data pernikahan seperti nama pasangan serta tempat dan tanggal pernikahan.

Data dalam kartu nikah selaras dengan data dalam sistem informasi manajemen nikah Kementerian Agama dan aplikasi data kependudukan dan catatan sipil Kementerian Dalam Negeri.

"Pemberian kartu nikah merupakan upaya Kementerian Agama meningkatkan layanan pencatatan perkawinan," kata As`ari lalu menambahkan, "Kartu Nikah ini bukan pengganti buku nikah."berikan bersamaan dengan pemberian buku nikah kepada pasangan nikah. (rik/**)

Loading...