DATA BMKG 18 Agustus 2019

Banda Aceh Canangkan Hari Adat

Banda Aceh Canangkan Hari Adat

Banda Aceh Canangkan Hari Adat | FOTO:HABADAILY.COM/IST

HABADAILY.COM - Banda Aceh berkomitmen untuk memperkuat Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Banda Aceh. dengan memberlakukan hari adat dengan mewajibkan berbaju adat tertutama bagi pegawai dilingkungan pemerintah banda aceh.

"Tak dapat dipungkiri, warisan budaya termasuk adat istiadat kita mulai pudar tergerus zaman. Oleh karena itu, MAA sebagai garda terdepan harus kita perkuat agar bisa lebih berperan."Kata Walikota Banda Aceh, Aminullah. Jumat (18/1/2019) di Banda Aceh.


Kata Aminullah juga berencana untuk mencanangkan satu hari adat di Banda Aceh. Tahap awal untuk instansi pemerintahan.

"Pada hari itu semua pegawai wajib mengenakan pakaian adat dan berbahasa Aceh. Sementara di sekolah akan kita isi dengan permainan-permainan tradisional."

"Ini merupakan salah satu upaya edukasi yang kita lakukan agar adat istiadat Aceh warisan endatu kita hidup kembali dan membumi di tengah-tengah masyarakat. Di samping itu, sosialisasi kepada generasi muda juga harus terus kita lakukan," katanya.


Selain itu, Walikota mengaku, bahwa program-program MAA tahun ini yang telah disusun harus segera berjalan. Pemko Banda Aceh akan dukung penuh dan perkuat lagi keberadaan MAA. Lomba dalail khairat dan zikir harus lebih wah lagi. Begitu juga dengan program-program lainnya," ungkapnya.

Ketua MAA Banda Aceh Bachtari Arahas memaparkan dalam tahun ini pihaknya akan kembali menggelar lomba zikir dan dalail khairat. "Lomba zikir akan kita pusatkan di Lampaseh Aceh, sementara dalail khairat di Gampong Emperom. Ini agenda rutin kita untuk memeriahkan HUT Banda Aceh."

"Kita juga akan menggelar muzakarah adat yang diikuti oleh tokoh adat dari 90 gampong se-Banda Aceh. Selain itu, kita juga akan menggelar pelatihan peradilan adat, dan membentuk sebuah pilot project desa adat sesuai dengan program pemerintah pusat," akunya. (Jun/**)
 

Komentar
Baca Juga
Terbaru