Mengenang 14 Tahun Gempa dan Smong di Aceh

Nova Iriansyah Sampaikan Duka untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Redaksi - habadaily
26 Des 2018, 17:01 WIB
Nova Iriansyah Sampaikan Duka untuk Korban Tsunami Selat Sunda Olt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Foto by Humas

HABADAILY.COM – Pada peringatan 14 tahun gempa dan smong (tsunami) Aceh yang dipusatkan di Masjid Tgk Chik Maharaja Gurah, Gampong Lam Geue, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (26/12/2018). Plt Gubernur  Aceh, Nova Iriansyah menyampaikan duka untuk korban tsunami di Banten dan Lampung.

“Atas nama pemerintah Aceh, rakyat Aceh mengungkapkan duka cita atas terjadi tsunami di Banten dan Lampung,” kata  Nova Iriansyah dalam sambutannya.

Kata Nova, duka itu pernah dialami rakyat Aceh 14 tahun silam. Atas dasar itu, Nova mengajak seluruh rakyat Aceh untuk membantu dan mengirim doa untuk korban di sana, agar kuat menghadapi musibah tersebut.

“Oleh karena itu mari kita kirimkan doa dan semoga warga di Banten tabah dan kuat menghadapi musibah ini,” ungkapnya.

Pemerintah Aceh melalui kantor perwakilan di Jakarta, lanjutnya, langsung hadir ke lokasi pada hari kedua. Saat ini pemerintah Aceh juga tengah menggalang dana  seperti yang pernah dilakukan pada masyarakat Palu sebelumnya.

Kata Nova, rakyat Aceh bisa merasakan musibah seperti yang dirasakan warga Banten dan Lampung Selatan, juga pernah dirasakan masyarakat Aceh. Oleh karena itu, 14 tahun gempa dan smong di Aceh menjadi momentum penting membangun semangat masyarakat Aceh agar terus bangkit menuju kehidupan masyarakat Aceh yang sejahtera.

 “Peringatan ini juga merupakan momentum untuk membangun budaya kesiagaan masyarakat Aceh menghadapi bencana,” tukasnya.

Nova tak menampik, bencana gempa dan smong di Aceh sudah lama berlalu. Namun luka dan trauma masyarakat Aceh dipastikan masih berbekas sampai saat ini.

“Namun demikian kita bertekad untuk terus bangkit dan menatap hari esok yang lebih baik. Oleh karena itu melalui semangat peringatan ini, saya mengajak kita semua untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Melalui peringatan ini juga, sebut Nova, seluruh rakyat Aceh harus juga  mempertegas komitmen untuk menjaga perdamaian dan melanjutkan pembangunan. Serta memperkuat ukhuwah dan merawat kebersamaan dalam keberagaman untuk membangun Aceh yang lebih baik.[acl]

Loading...