Jokowi Ingatkan Dana Desa 2019 Fokus Pemberdayaan Ekonomi

Fitri - habadaily
14 Des 2018, 15:35 WIB
Jokowi Ingatkan Dana Desa 2019 Fokus Pemberdayaan Ekonomi Foto by Instagram Nova Iriansyah

HABADAILY.COM – Presiden RI, Joko Widodo meminta kepada seluruh aparatur gampong agar memanfaatkan dana desa sesuai dengan kebutuhan dan berhati-hati dalam pengunaannya.

Jokowi juga menyebutkan, dana desa itu bisa dipergunakan untuk pembangunan insfrastruktur di gampong, seperti jalan, embung hingga fasilitas, contoh Posyandu.

Namun untuk tahun 2019 mendatang, Jokowi mengajak aparatur gampong agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Untuk 2019 nanti saya berharap agak sedikit bergeser dari pembangunan fisik, jadinya lebih ke pemberdayaan dan peningkatan ekonomi rakyat,” kata Joko Widodo. Jumat (14/12/2018) di AAC Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Kata Jokowi, pemerintah mengucurkan dana desa agar perputaran uang di desa lebih banyak, dan perekonomian desa bisa tumbuh dan berkembang sehingga masyarakat semakin sejahtera.

"Karena semakin banyak uang yang beredar di sebuah kampung, sebuah desa, sebuah kecamatan otomatis ekonomi itu akan bergerak di bawah," tambahnya lagi.

Presiden juga berbicara mengenai pentingnya mengembangkan perekonomian desa melalui sektor pariwisata di daerah-daerah yang memiliki keindahan alam.

Pada tahun 2019 mendatang, Jokowi akan mengucurkan dana desa Rp 70 triliun. Hingga tahun ini sudah Rp 187 triliun sudah dikucurkan.”Kalau ditambah tahun depan berarti Rp 257 triliun," jelasnya.

"Hati-hati dengan uang yang begitu sangat besar. Sebab itu perlu saya ingatkan agar penggunaan dana desa bisa fokus dan tepat sasaran sesuai kebutuhan gampong kita," pintanya.[acl

Loading...