Ambulans Diduga Tak Dilengkapi Oksigen, Ibu Hamil Meninggal Dunia di Simeulue

Ahmad - habadaily
06 Des 2018, 22:26 WIB
Ambulans Diduga Tak Dilengkapi Oksigen, Ibu Hamil Meninggal Dunia di Simeulue

HABADAILY.COM - Cici Zahrawani (24) dilaporkan meninggal dunia bersama bayi di dalam kandungannya saat menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simeulue menggunakan ambulans, Rabu (05/12/2018). Diduga, ibu hamil asal Desa Lauke, Kecamatan Simeulue Tengah ini meninggal karena tidak mendapatkan bantuan oksigen.

"Sebelum berangkat, suami keponakan saya (Roki) sudah minta kepada bidan supaya dalam ambulans dibawa oksigen karena dia (Cici) sudah sesak nafas, tetapi tidak direspon," ungkap Syafril Alamsyah, Kamis (06/12/2018).

Bukannya oksigen, Syafril mengatakan, pihak Puskesmas justru memberikan infus kepada pasien selama perjalanan menuju RSUD Simeulue.

Kabar kematian ibu hamil ini dibenarkan Aswan selaku Kepala Desa Lauke, Kecamatan Simeulue Tengah. "Benar, warga desa kita telah meninggal dunia bersama anak yang dikandungnya," kata Aswan, Kamis.

Kepala Bidang Pelayanan Dinkes Simeulue, Suandi mengaku telah menerima informasi tersebut dan segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Kita akan memanggil petugas medis dan Kepala Puskesmas untuk dimintai keterangan," kata Suandi. Dia juga memastikan akan ada sanksi jika pihak Puskesmas Simeulue Tengah melakukan kelalaian.

Suandi mengatakan setiap ambulans yang beroperasi di Dinkes Simeulue diwajibkan membawa tabung oksigen untuk kepentingan medis. Hal ini merupakan standar operasional yang telah ditetapkan.

Sementara Anggota Komisi D DPRK Simeulue yang membidangi Kesehatan, Nusar Amin, terkejut mendapat kabar tersebut. "Innalillahi wa innailaihi rajiun. Saya baru mengetahuinya dan ini segera kita tindaklanjuti, termasuk memanggil pihak Dinkes," kata Nusar.

Wartawan mencoba mengonfirmasi Kepala Puskesmas Simeulue Tengah, Armas, terkait informasi tersebut. Namun, Armas tidak merespon panggilan telepon dari wartawan hingga berita ini dikirim ke redaksi.[boy]

Loading...