LINA: Wajar Milad GAM Diwarnai Pengibaran Bendera Bulan Bintang

Redaksi - habadaily
03 Des 2018, 18:28 WIB
LINA: Wajar Milad GAM Diwarnai Pengibaran Bendera Bulan Bintang

HABADAILY.COM - Koordinator Liga Inong Acheh (LINA), Shadia Marhaban, kembali mengingatkan rakyat Aceh terkait momentum Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang jatuh pada Selasa, 4 Desember 2018 besok. Menurutnya momentum ini patut diperingati dengan adanya pengibaran bendera Bulan Bintang yang dinilai telah memiliki legalitas hukum.

"Kita kaum perempuan ini ingin mengingatkan kembali, memori kolektif kita tentang 4 Desember 1976 yang akhirnya berakhir di meja perundingan perdamaian tahun 2005," kata Shadia yang turut didampingi Lizarwati dari LINA Bireuen, Salawati dari LINA Pase, Rahmatan dari LINA Banda Aceh, dan Srihandayani dari LINA Aceh Rayeuk, dalam jumpa pers yang digelar di salah satu cafee di Banda Aceh, Senin (03/12/2018) sore.

Shadia mengatakan GAM menjadi kekuatan utama dalam perjuangan Aceh masa lalu dalam menuntut keadilan. Aceh yang kini dalam kondisi damai juga dinilai tak terlepas dari eksistensi satuan komando tersebut.

"Jadi menurut kami wajar-wajar saja jika ada pengibaran bendera (Bulan Bintang) di gampong-gampong, di kabupaten kota di Aceh," kata Shadia.

Shadia mengatakan pengibaran bendera tersebut juga dinilai tidak menimbulkan masalah selama tidak mengganggu ketertiban umum dan kenyamanan masyarakat. Menurut aktivis perempuan Aceh tersebut pengibaran bendera dan perayaan Milad GAM sama halnya dengan memperingati MoU Helsinki setiap 15 Agustus.

Lebih lanjut Shadia mengatakan pengibaran bendera Bulan Bintang juga tidak melanggar aturan hukum yang ada di Aceh. Terlebih bendera tersebut sudah ditetapkan dalam Qanun Nomor 3 Tahun 2012 tentang Bendera dan Lambang Aceh pada 25 Maret 2013 lalu.

"Memang tidak bermasalah lagi, tinggal yang kurang adalah sosialisasi," kata Shadia lagi.

Hal senada disampaikan Rahmatan, perwakilan LINA Bireuen. Dia menyebutkan sebagai perempuan Aceh, Rahmatan mengharapkan, "apa yang sudah disepakati dalam MoU itu dilaksanakan."[boy]

Loading...