SIFC 2018

IFA Bakal Buka Sekolah Freediving di Sabang

Redaksi - habadaily
07 Nov 2018, 22:26 WIB
IFA Bakal Buka Sekolah Freediving di Sabang Stanley (tengah)/Istimewa

HABADAILY.COM - Indonesia Freediving Association (IFA) berencana membuka sekolah freediving di Sabang, Aceh. IFA memutuskan Sabang sebagai lokasi yang tepat karena memiliki sarana penunjang untuk pembinaan calon atlet menyelam bebas Indonesia.

Ada beberapa faktor yang membuat IFA tertarik dengan Sabang. Salah satunya adalah kedalaman laut Sabang yang mencapai 140 meter dan wisata baharinya yang sudah diakui dunia.

“Rencana ini sudah mulai dilakukan sertifikasi sampai level advanced. Jadi harapannya dua level lagi sudah sampai ke tingkat instruktur. Yang pasti sebelum tahun 2024 akan kita selesaikan,” ujar Stanley Sradaputta, salah satu penggagas IFA di sela-sela kegiatan Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018, Selasa (06/11/2018) kemarin.

Pembentukan sekolah freediving di ujung paling barat Indonesia ini bukan tanpa alasan. IFA berharap keberadaan sekolah tersebut nantinya mampu melahirkan instruktur handal untuk pengembangan freediving di daerah masing-masing.

Stanley menyebutkan IFA sengaja memasang target terbentuknya sekolah freediving di Sabang sebelum 2024. 

"Ditargetkan olahraga freediving ini seharusnya masuk pada PON tahun 2024 yang tuan rumahnya Aceh,” ujar Stanley, pemegang rekor nasional disiplin ilmu Constant Weight (CWT) dengan kedalaman 81 meter tersebut.[boy]

Loading...