Ombudsman Soroti Bus Calon Jamaah Haji Aceh Tidak Ada Toilet

Redaksi - habadaily
11 Agt 2018, 10:12 WIB
Ombudsman Soroti Bus Calon Jamaah Haji Aceh Tidak Ada Toilet Ist

HABADAILY.COM - Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh menyoroti alat transportasi darat yang mengangkut calon jamaah haji tahun 2018 yang tidak standar.

Berdasarkan pemandatauan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh, dari sejumlah fasilitas yang dilakukan pemantauan, seperti manasik, sarana kesehatan, asrama haji hingga transportasi serta sarana pendukung lainnya.

Sarana transportasi calon jamaah haji dari kabupaten/kota menurut penilaian Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh minim fasilitas. Seperti tidak memiliki toilet dalam bus, tentu ini akan menyulitkan calon jamaah haji selama dalam perjalanan.

“Hal ini sangat menyulitkan jemaah haji yang harus menunggu lebih dari 3 jam sebelum keberangkatan. Apalagi, bus tersebut disegel oleh pihak Imigrasi setelah semua calon jamaah menaiki bus untuk langsung diantar ke tangga pesawat,” kata Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh, Taqwaddin Husen, Sabtu (11/8/2018) di Banda Aceh.

Menurutnya, keterlibatan pihak Imigrasi dalam Badan Pelaksana Ibadah Haji (BPIH) adalah suatu hal yang positif karena mempermudah  proses pemeriksaan dokumen dan fisik calon penumpang  pesawat via x-ray.

“Tetapi di sisi lain, tidak tersedianya toilet dalam bus tersebut menimbulkan implikasi yang kurang bagus bagi penumpang calon jamaah haji. Apalagi umumnya, calon jemaah haji adalah mereka yang telah berusia tua, sehingga membutuhkan toilet selang 3 jam,” tukasnya.

Taqwaddin mengaku ada mendapat informasi, calon jamaah haji ada yang terpaksa buang air besar (BAB) dan kencing dalam mobil yang tidak ada toilet. “Saya menyarankan kepada BPIH agar tahun-tahun depan menggunakan bus yang layak dan memiliki toilet di dalamnya untuk mengangkut jemaah dari Embarkasi Haji di Banda Aceh,” pintanya.[acl]

Loading...