Ini Penyebab Angin Kencang di Aceh Versi BMKG  

Hafiz Erzansyah - habadaily
10 Jul 2018, 14:06 WIB
Ini Penyebab Angin Kencang di Aceh Versi BMKG   Ilustrasi angin kencang @internet

HABADAILY.COM - Angin kencang yang dalam beberapa hari ini melanda sejumlah wilayah di Aceh diakibatkan oleh posisi matahari di belahan bumi utara. Hal ini dikatakan Kasi Data Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria Ahmad. 

Zakaria mengatakan, angin kencang di wilayah Aceh ini sebenarnya sudah dimulai sejak Mei 2018 karena posisi matahari sudah di belahan bumi bagian utara, maka banyak tekanan rendah lebih sering terjadi di bagian utara bumi tersebut. 

"Massa udara di belahan bumi Selatan akan bergerak menuju low pressure di bagian bumi utara, terjadilah angin kencang yang kecepatannya rata-rata 10 hingga 40 kilometer per jam," ujarnya Selasa (10/7/2018). 

Ia menjelaskan, hal ini bisa diperparah dengan angin kencang yang mencapai 40 hingga 80 kilometer per jam bila adanya gangguan cuaca berupa siklon tropis atau tekanan rendah di Samudera pasifik bagian barat, seperti muncul pressure di sekitar Filipina atau Laut Cina Selatan. 

"Bila muncul siklon tropis maka terjadi pembelian angin atau penyatuan arah angin (konvergensi) akan tumbuh awan cumulo nimbus yang ditandai kilat dan petir dan biasanya diawali angin kencang bahkan puting beliung," jelasnya. [jp]

Loading...