Diterjang Angin Kencang, Payung Masjid Baiturrahman Sobek

Redaksi - habadaily
09 Jul 2018, 15:59 WIB
Diterjang Angin Kencang, Payung Masjid Baiturrahman Sobek Doc BPBA

HABADAILY.COM – Satu unit payung Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh rusak parah setelah diterjang angin kencang, Senin (9/7/2018) sekira pukul 13.30 WIB.

Payung elektrik posisi terbuka itu dihempas angin kencang melanda Banda Aceh. Akibatnya mengalami sobek di bagian samping. Seusi peristiwa itu, petugas langsung menutup payung yang dibangun masa Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dulu.

“Satu unit payung Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh robek di bagian samping,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ahmad Dadek.

Sementara itu juga dilaporkan satu unit rumah porak-poranda diterjang angin kencang di Gampong Lampanah Baroe, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar saat angin kencang melanda Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sebagian atap rumah milik Sasmawi (40) itu terbang diterjang angin kencang. Akibatnya bagian depan rumah tersebut terbuka dan hanya menyisakan kayu penyangga. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, karena rumah tersebut sedang dibangun dan belum ada penghuni.

Hanya atap bagian depannya saja yang diterpa oleh angin, sementara rumah korban masih dalam tahap pembuatan atau pengerjaan dan korban pun belum menempati rumah baru tersebut,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ahmad Dadek.

Katanya, petugas BPBD Kabupaten Aceh Besar yang kebetulan berdekatan dengan rumah korban, langsung melakukan pendataan kerusakan. Rumah tersebut juga masih dalam pekerjaan tukang.

Sementara itu, Ahmad Dadek juga menyampaikan berdasarkan peringatan dari BMKG Aceh. Beberapa kabupaten/kota di Aceh berpotensi hujan sedang hingga lebat, angin kencang disertai petir terjadi di beberapa daerah. Seperti wilayah Siemelue, Sabang, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Timur, Gayo Lues, Aceh Utara, Bener Meriah dan sekitarnya.

“Dan dapat meluas ke wilayah Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Singkil, Aceh Selatan dan sekitarnya,” jelasnya.[acl]

Loading...