Puluhan Hektar Ladang Ganja Ditemukan di Pedalaman Bireuen

Redaksi - habadaily
15 Apr 2018, 15:57 WIB
Puluhan Hektar Ladang Ganja Ditemukan di Pedalaman Bireuen Lahan ganja yang ditemukan pihak Kodim 0111/Bireuen | IST

HABADAILY.COM – Sekitar 20 hektar ladang ganja ditemukan  TNI dari Kodim 0111/Bireuen di pedalaman Kabupaten Bireuen, Sabtu 14 April 2018. Tanaman ganja dengan ketinggian sudah mencapai ½ hingga 1 meter tersebut berada di lereng Gunung Punceuet, Kecamatan Peulimbang.

Dandim 0111/Brn Letkol Inf.Amrul Huda Minggu,(15/4/2018), kepada menjelaskan, temuan itu berawal dari informasi warga. Kemudian sekitar 35 anggota TNI menuju ke lokasi yang  harus melewati medan tempuh sangat jauh dan melewati tanjakan perbukitan.

"Lokasinya  jauh sekali. Kita harus jalan darat masuk hutan hampir dua jam baru sampai di lokasi lahan ganja tersebut," kata Amrul Huda.

Informasi lahan ganja ini diketahui berdasarkan informasi dari masyarakat beberapa hari lalu, selanjutanya membentuk tim untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. “Ternyata benar bahwa memang ada lahan ganja di kawasan pegunungan Punceuet,” ujarnya.

Di sana, kata dia, pihaknya menemukan sejumlah alat bahkan identitan pemilik ladang berupa, Kartu BPJS atas nama KR (inisial-red) warga Baktiya, Kabupaten  Aceh Utara. Ditemukan juga alat masak dan gubuk yang terbuat dari kayu beratap terpal plastik yang telah ditinggal pergi pemiliknya serta dua unit alat timbangan (dacing).

Ditambahkan, luas lahan ganja tersebut lebih kurang 20 hektar yang ketinggian tanaman bervariasi, ada yang sudah mencapai satu meter ada yang masih keci. Lahan temuan tersebut belum dimusnahkan seluruhnya, baru sebagian saja yang sempat dicabut dan dibakar. “Pemunashan resminya nanti akan dilakukan Minggu 15 Apri 2018 bersama dengan BNNK Bireuen,” jelasnya. [jp]

MAG: Fajrizal

Loading...