Meulaboh 'Dijenguk' Kucing Emas, Warga Mengira Anak Harimau

Redaksi - habadaily
13 Mar 2018, 14:27 WIB
Meulaboh 'Dijenguk' Kucing Emas, Warga Mengira Anak Harimau Kucing emas sesaat sebelum ditangkap BKSDA | IST

HABADAILY.COM – Warga Gampong Masjid, Kaway XVI, Meulaboh, Aceh Barat digegerkan seekor kucing emas yang masuk ke garasi salah satu rumah warga setempat.  Warga mengira kucing langka yang biasa menetap di hutan dan dilindungi itu, anak harimau.

Namun setelah pihak BKSDA menangkap hewan langka tersebut dipastikan kuncing bekulit kekuning-kuningan itu adalah kucing emas, bukan anak harimau seperti dugaan warga.

"Tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB, kucing emas ini sudah kita amankan di Kantor Resort KSDA Meulaboh," ujar Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo, saat dikonfirmasi, Selasa (13/03/2018). 

Sapto menjelaskan, kucing emas yang tergolong satwa yang hampir punah ini awalnya diketahui berada di dalam garasi rumah warga Senin, 12 Maret 2018 kemarin. Warga setempat mengira, hewan ini merupakan anak harimau sehingga membuat mereka takut akan didatangi induk harimau. 

Dalam keadaan sedikit takut, pemilik rumah sempat memberi makan kucing emas tersebut. Tak lama berselang, temuan ini pun dilaporkan ke pihak terkait. Personel BKSDA akhirnya bergerak ke lokasi dan menangkap kucing emas yang memiliki tinggi 40 sentimter dan panjang 80 sentimeter ini. 

"Kucing emas ini sudah diamankan dua staf kita yang ke lokasi, termasuk pawang harimau BKSDA Aceh," kata Sapto. 

Ia pun meluruskan dugaan warga soal jenis satwa yang bersembunyi di antara kayu-kayu di dalam garasi warga. Menurutnya, berdasarkan laporan yang diterimanya dari anggota di lapangan, satwa tersebut bukan harimau. 

"Laporan anggota saya kucing emas. Bukan harimau. Sekarang sudah kita amankan dan rencananya akan kita lepaskan ke habitatnya," ungkap Sapto.[jp]

 

MAG: AFZ

Loading...