Pengaruh Miras, ABK MV Talisman Harus Dievakuasi

Redaksi - habadaily
11 Mar 2018, 12:38 WIB
Pengaruh Miras, ABK MV Talisman Harus Dievakuasi Tim SAR ketika mengevakuasi ABK MV Talisman Ist | Habadailycom

HABADAILY.COM – Tim SAR Banda Aceh megevakuasi seorang Anak Buah Kapal (ABK) MV Talisman, Vasilii Protopopov (49) karena mengalami gangguan pada perut. Dalam dua hari terakhir  setiap ia buang air besar (BAB) kerap terjadi pendaharan dan membuatnya lemas.

Kapal MV Talisman berbendera Malta berangkat dari Dubai menuju ke China. Sampai di perairan Aceh, seorang pasien sakit dan langsung menghubungi Tim SAR Banda Aceh untuk dilakukan evakuasi.

ABK tersebut  berasal dari Rusia, saat ini sudah berhasil dievakuasi ke Rumah Sakit Harapan Bunda, Banda Aceh untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Kepala SAR Banda Aceh, Hari Hadi Purnomo mengatakan, berdasarkan pemeriksaan dokter Karantina Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ABK tersebut mengalami sakit perut dan BAB berdarah. Kondisi pasien dalam keadaan sadar, namun butuh penanganan medis lebih lanjut.

“Hasil pemeriksaan dokter KKP sakit di perut ada pengaruh minuman keras yang sudah diminum dan dia belum makan, hingga  mengalami sakit dan itu hasil sementara yang dilakukan oleh dokter Karantina,” kata Hari Hadi Purnomo, Minggu (11/03/2018) di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Katanya, setelah mendapat informasi ada ABK yang mengalami gangguan kesehatan. Pihaknya langsung berangkat pada pukul 08.15 Wib dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Kapal SAR KMP Kresna berhasil merapat dengan Kapal MV Talisman pada pukul 09.00 Wib setelah Kapten KMP Kresna, Supriadi dan kapten MV Talisma, Aleksandar Lankovski asal Rusia bersepakat bertemu 10 mil dari daratan Banda Aceh.

Kapal KMP Kresna kemudian berhasil merapat kembali ke Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh dengan membawa ABK yang sakit pada pukul 11.30 Wib dan pasien langsung dibawa menggunakan ambulance Karantina ke rumah sakit. [jp]

 

Loading...