Hati-hati di Jalan Protokol Sigli, Masih Banyak Ternak

Kon.Rudi - habadaily
09 Jan 2018, 14:00 WIB
Hati-hati di Jalan Protokol Sigli, Masih Banyak Ternak Kawanan kerbau di salah satu jalan protokol di Kota Singli, Selasa (09/01/2018) | Rudi | Habadaily.com

HABADAILY.COM – Saban hari, kawanan hewan ternak masih kerap berkeliaran di ruas jalan protokol Kota Sigli, Kabupaten Pidie. Keberadaan hewan seperti kerbau, sapi dan kambing tidak hanya merusah ketertiban umum tetati sangat membahayakan pengguna jalan.

“Hampir setiap hari ada sapi maupun kerbau berkeliaran di jalan kota Sigli,” kata Ibrahim warga Kota Sigli kepada habadaily.com, Selasa (09/01/2017).

Menurut Ibrahim kawanan hewan ternak yang bebas berkeliaran di Kota Sigli, seperti dibiarkan oleh pemiliknya. Padahal keadaan seperti itu dapat membahayakan pengendara motor yang melintasi di jalan tersebut.

Ia berharap pemerintah daerah setempat untuk menangani penertiban hewan ternak yang berkeliaran di jalan nasional. Kemudian kesadaran pemilik hewan agar tidak melepaskan atau membiarkan hewan ternak berkeliaran di jalan raya.

“Jika dibiarkan dapat membahayakan pengendara, bahkan kerap terjadi kecelakaan akibat menabrak sapi di jalan protokol, maka selain ditertibkan oleh pemerintah para pemilik ternak juga harus sadar untuk tidak melepaskan hewan paraan mereka ke jalanan,” ujarnya.

Persoalan hewan ternak sudah diatur dalam Qanun Pidie nomor 7 tahun 2012, sehingga pemerintah berhak untuk menertibkannya. [jp]

Loading...