DATA BMKG 10 Agustus 2020

SAR Hentikan Pencarian Pegawai Puskesmas Hilang di Laut

SAR Hentikan Pencarian Pegawai Puskesmas Hilang di Laut

Sejumlah petugas dari Tim SAR Pos Simeulue menepi di pelabuhan setelah pengumuman penghentian pencarian Iqbal Fatah, korban hilang di laut | Ahmad | Habadaily.com

HABADAILY.COM -  Setelah sepekan dicari, namun keberadaan korban Iqbal Fatah (28) pegawai Puskesmas Alafan, Kabupaten Simeulue yang dilaporkan hilang saat melaut pada Minggu 24 Desember 2017 tak juga ditemukan. Pada Senin, 1 Januari 2018 pukul 00.00 WIB, TIM SAR Pos Simeulue memutuskan untuk menghentikan pencarian terhadap korban.

Koordinator Pos SAR Kabupaten Simeulue, Rahmad Kenedi mengatakan, keputusan penghentian pencarian itu setelah pihaknya satu minggu mencari keberadaan korban. Operasian pencarian hingga radius 400 mil laut hingga perbatasan laut Kabupaten Aceh Barat dan melibatkan SAR, BPBD, Tagana, Dinas Kesehatan, TNI, Polri serta sejumlah nelayan dan masyarakat.

BACA: Seorang Pegawai Puskesmas Dilaporkan Hilang saat Melaut

Pencarian juga dilakukan dengan menyisir perairan laut Pulau Selaut Besar, salah satu pulau terdepan NKRI dan pulau-pulau kecil lainnya yang ada di Kecamatan Alafan dan Kecamatan Simeulue Barat, sedangkan masyarakat juga telah menyisir perairan laut Pulau Simeulue Cut yang juga salah satu pulau terdepan NKRI di perairan Pulau Simeulue.

“Setelah satu minggu kita melakukan pencarian dan telah menyisir seluruh perairan laut pada 10 kecamatan dan pulau-pulau kecil telah dilakukan penyisiran, hingga memasuki perairan laut Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, namun tanda-tanda keberadaan korban maupun tanda-tanda barang milik korban tidak ditemukan, maka kita hentikan pencarian,” kata Rahmad (02/01/2017).

Namun demikian, tambah Rahmad Kenedi, meskipun pihaknya telah mengumumkan penghentian pencarian, sewaktu-waktu pencarian bisa akan kembali diaktifkan, apabila ada masyarakat yang menemukan tanda-tanda barang milik pegawai Pukesmas Kecamatan Alafan itu.

Sementara pihak BPBD Simeulue, juga meminta kepada seluruh warga Simeulue terutama yang melakukan kegiatan dilaut dan melintasi laut, untuk tetap waspada dengan kondisi cuaca alam, yang sewaktu-waktu menimbulkan bencana yang tidak terduga.

"Kita tetap siaga dan backup operasi SAR dalam pencarian korban, serta kami menghimbau kepada masyarakat supaya tetap waspada dengan kondisi cuaca di laut," kata Ikhsan Mikaris, Kepala Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue.

Sebelumnya diberitakan, salah seorang warga yang bekerja sebagai pegawai bakti di Puskesmas Kecamatan Alafan, Kabupaten Simeulue, Selasa (26/12/2017), dilaporkan sudah dua hari dua malam tidak pulang ke rumah dan diguga hilang saat melaut.

Warga bernama Iqbal Fatah (28) itu pergi memancing ke laut lepas di wilayah perairan Kecamatan Alafan pada Minggu 24 Desember 2017. Mendapat laporan tersebut Tim SAR Pos Simeulue dibantu Satgas Pulau Banyak, Aceh Singkil mengerahkan anggota mencari keberadaan Iqbal. [jp]

Komentar
Terbaru