DATA BMKG 15 Agustus 2020

Leuser Unsyiah Bersihkan Kreung Aceh

Leuser Unsyiah Bersihkan Kreung Aceh

Aksi peduli krueng Aceh.

HABADAILY.COM—Mahasiswa Pecinta Alam Leuser Universitas Syiah Kuala menggelar Aksi Peduli Krueng Aceh yang melibatkan 1000 relawan. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh  Dyah Erti Idawati di Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Minggu (29/12).

Dyah mengatakan data Balai Wilayah Sungai Sumatra menyebutkan, ada 11 wilayah sungai Aceh yang mengalirkan air ke 481 anak sungai lainnya. Di mana Krueng Aceh merupakan salah satunya dan merupakan sungai yang sangat bersejarah di Aceh.  “Sejak dahulu sungai ini turut mewarnai sejarah perjalanan kesultanan Aceh.  Krueng Aceh merupakan urat nadi untuk pengembangan wilayah,” katanya.

Oleh sebab itu, Dyah sangat mengapresiasi gerakan yang digagas oleh mahasiswa Unsyiah ini. Mengingat sungai tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Aceh. Selain sebagai sumber irigasi dan transportasi, sungai juga merupakan sumber air minum.

“Aksi ini tidak hanya bermakna untuk menunjukkan kepedulian mahasiswa pada Kreueng Aceh. Tapi ajakan kepada masyarakat agar mau melakukan hal yang sama untuk menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS) ini,” ucap Dyah.

Assisten II Setda Kota Banda Aceh Bahtiar SSos mengatakan Krueng Aceh mempunyai peranan penting dalam menunjang aktivitas warga kota Banda Aceh. Banyak warga yang memanfaatkan sungai ini untuk mandi dan mencuci pakaian. Untuk itulah, Pemerintah Kota Banda Aceh sangat mendukung aksi ini karena sangat sejalan dengan cita-cita Pemkot. Selama ini, Pemkot Kota Banda Aceh telah berupaya untuk mengembalikan keasrian sungai ini seperti zaman kerajaan dulu.

“Penataan telah mulai kita lakukan di area ini. Dan hari ini kita gerakan masyarakat agar semakin peduli terhadap keberadaan sungai ini,” ucapnya.

Kepala Biro Kemahasiswaan Unsyiah Mustafa Sabri mengatakan sebelum kegiatan ini mahasiswa MAPALA Leuser ini telah aktif melakukan kegiatan peduli lingkungan di beberapa lokasi. Salah satunya adalah di Bukit Jalin, Jantho. Mustafa juga mendorong Pemerintah Aceh untuk melakukan pilot project  khusus Kreung Aceh agar lebih tertata dan terjaga kebersihannya.

Ketua Umum UKM Mapala Leuser Unsyiah  Gaung Adli W mengungkapkan, kegiatan ini merupakan aksi nyata dari mahasiswa Unsyiah untuk lebih terlibat aktif dengan kondisi lingkungan. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengkampanyekan kepada masyarakat untuk mengurangi pengurangan sampah pelastik.

Aksi Peduli Lingkungan ini juga melibatkan sejumlah pihak di antaranya Kodam Iskandar Muda, Poltabes Banda Aceh, BNPB serta dinas terkait lainnya.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru