DATA BMKG 28 Februari 2020

Sidang Kedua Gugatan Kepala BKPM Selesai, Direktur Walhi Aceh: Mari Sama-sama Kita Kawal

Sidang Kedua Gugatan Kepala BKPM Selesai, Direktur Walhi Aceh: Mari Sama-sama Kita Kawal

Kepala BKPM Thomas Lembong/SindoNews.com

HABADAILY.COM - Sidang kedua gugatan Walhi terhadap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong dengan agenda pemeriksaan persiapan, selesai dilaksanakan, Rabu (31/10/2018). 

Sidang yang dihadiri Kuasa Hukum Penggugat Muhammad Reza Maulana dan Judianto Simajuntak, juga dihadiri pihak tergugat dan Kuasa Hukum PT Emas Mineral Murni (EMM).

"Sebelum memeriksa berkas gugatan Penggugat, Majelis Hakim terlebih dahulu memeriksa berkas Surat Kuasa Tergugat dan pihak Intervensi, dimana banyak kesalahan format dan substansi dari surat kuasa yang disuguhkan oleh para kuasa hukum pihak intervensi," ungkap Direktur Walhi Aceh, Muhammad Nur, kepada awak media.

Alhasil, Majelis Hakim tidak mengizinkan pihak intervensi masuk dalam pemeriksaan tersebut. Majelis Hakim juga meminta pihak intervensi untuk memperbaiki Surat Kuasanya dan melengkapi syarat administratif lainnya.

Syarat administratif yang dimaksud seperti membawa objek sengketa, perbaikan permohonan pengajuan sebagai Pihak, dan membawa AD/ART Perusahaan pada agenda persidangan selanjutnya.

Kondisi tersebut membuat sidang hanya diikuti oleh pihak Penggugat dan Tergugat saja.

"Setelah memeriksa berkas Gugatan Penggugat dan setelah bermusyawarah, maka berkas Gugatan dinyatakan lengkap dan sidang akan dilanjutkan Rabu, 7 November 2018 dengan agenda Pembacaan Gugatan pada Persidangan yang dibuka dan terbuka untuk umum," ujar M Nur lagi.

Muhammad Nur mengatakan Minggu depan sidang sudah terbuka, jadi semua pihak yang ingin menghadiri sidang dan memberi support bagi Walhi dan Tim Otoritas Tolak Tambang (Tim - OTT) dapat mengikuti jalannya persidangan.

"Menurut kami seluruh masyarakat Aceh yang peduli terhadap persoalan tambang di Beutong Ateuh Banggalang yang diberi kemudahan, baik yang berada di Aceh dan Jakarta, mari sama-sama kita kawal proses persidangan ini dalam setiap tahapannya. Semoga hasilnya seperti yang sedang kita perjuangkan bersama saat ini mendapatkan hasil terbaik dan kemenangan bagi rakyat Aceh.[boy/ril]

Komentar
Baca Juga
Terbaru