DATA BMKG 24 Agustus 2019

Jaksa Yakini Irwandi-Steffy Sudah Menikah

Jaksa Yakini Irwandi-Steffy Sudah Menikah

HABADAILY.COM—Jaksa KPK menyebut Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf mempunyai hubungan suami-istri dengan Fenny Stefy Burase. Keduanya menikah di sebuah apartemen, Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada 8 Desember 2017.

"Fakta mana didukung pula alat bukti petunjuk berupa percakapan WhatsApp antara terdakwa Irwandi Yusuf dengan Darmawati A Gani (Istri Irwandi Yusuf), bahwa benar Fenny Steffy Burase dan Irwandi Yusuf telah menikah pada tanggal 8 Desember 2017," kata jaksa KPK M Asri saat membacakan surat tuntutan dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).

Dalam surat tuntutan terdapat alat bukti screenshot percakapan whatsApp Darmawati A Gani dari Fenny Steffy Burase. Selain itu, bukti screenshot percakapan Fenny Steffy Burase dengan Irwandi mengenai surat buku nikah.

Jaksa mengatakan, Irwandi Yusuf menerima uang Rp 1 miliar dari Bupati Bener Meriah Ahmadi. Uang tersebut merupakan commitment fee paket proyek pekerjaan yang diminta Ahmadi.

Atas penerimaan uang itu, jaksa mengatakan untuk memenuhi kebutuhan baik langsung maupun tidak langsung terhadap Fenny Steffy Burase. Berikut hal untuk memenuhi kebutuhan Steffy Burase sebagai istri Irwandi Yusuf.

a. Pada bulan Juni/Juli dipergunakan untuk menambah biaya ibadah umrah Irwandi Yusuf dan Steffy Burase sebesar Rp58 juta.

b. Pada bulan Juni 2018, atas permintaan Steffy Burase kepada Teuku Fadhilatul Amri ditransfer Rp150 juta.

c. Penggunaan uang Rp262 juta untuk kegiatan Aceh Marathon ditransfer Teuku Fadhilatul Amri atas perintah Teuku Saiful Bahri ke rekening PT Erol Perkasa Mandiri milik Steffy Burase.

Jaksa menyebut penyerahan uang dari Teuku Saiful Bahri yang bersumber Ahmadi atas arahan Irwandi Yusuf. Sebab, Steffy Burase merupakan istri IrwandI Yusuf.

"Oleh karena itu penuntut umum berkesimpulan penyerahan uang dari saksi Teuku Saiful Bahri yang bersumber dari saksi Ahmadi tersebut adalah dalam rangka realisasi arahan terdakwa Irwandi Yusuf agar saksi Teuku Saiful Bahri membantu dana kepada saksi Steffy Burase yang merupakan istri terdakwa Irwandi Yusuf," papar jaksa.[dtc]           

 

Komentar
Terbaru