Polda Buru Pembuat Video Ma’ruf Sinterklas

Redaksi - habadaily
28 Des 2018, 15:16 WIB
Polda Buru Pembuat Video Ma’ruf Sinterklas Ilustrasi. Foto google

HABADAILY.COM – Polisi Daerah (Polda) Aceh sedang memburu pembuat video hoaks Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma'ruf Amin mengenakan kostum sinterklas saat mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru.

Sebelumnya Satreskrim Polres Lhokseumawe sudah menangkap penyebar video tersebut  Rabu (26/12/2018) sekira pukul 14.00 WIB. Saat ini pelaku masih sedang menjalani pemeriksaan di Ditkrimsus Polda Aceh.

Baca : Polisi Tangkap Penyebar Video Ma’ruf Sinterklas

“Kita sedang buru pembuat video hoax itu. Sedangkan penyebar sudah ditangkap,” kata Kapolda Aceh, Irjend Pol Rio S Djambak, Kamis (27/12/2018) di Banda Aceh.

Kapolda menjelaskan, kepolisian memiliki teknologi yang canggih untuk mendeteksi penyebar hoaxs dan ujaran kebencian di media sosial.

Rio menyebutkan, siapapun yang terlibat menyebar informasi hoax akan diproses oleh pihak kepolisian. Apa lagi yang disebarkan hoax dan ujaran kebencian menimpa Cawapres.

“Siapapun calon wakil presiden tidak boleh ada yang membuat hoax atau berita-berita bisa mendiskreditkan salah satu pasangan,” jelasnya.

Pelaku merupakan seorang guru mengaji di salah satu pesantren di Aceh Utara berinisial S (31). Dia ditangkap ditangkap di salah satu pesantren di Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara oleh Satreskrim Polres Lhokseumawe.

Peristiwa ini bermula KH Ma'ruf Amin mengucapkan Natal kepada umat Kristiani beberapa waktu lalu. Lalu ada yang sengaja menggugah video tersebut dengan mengubah pakaian digunakan KH Ma'ruf Amin berkostum sinterklas. Padahal faktanya saat KH Ma'ruf Amin mengucapkan Natal menggunakan jas dan kopiah.[acl]

Loading...