DATA BMKG 11 Agustus 2020

Ada Pameran Permainan Tradisional di Banda Aceh

Ada Pameran Permainan Tradisional di Banda Aceh

HABADAILY.COM - Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI dan Balai Pelestarian Nilai Budaya Banda Aceh menggelar pameran permainan tradisional di Museum Rumoh Aceh. Pemeran ini bertujuan untuk melestarikan tradisi masa lalu.

Staf Ahli Walikota Banda Aceh, Bidang Hukum dan Politik, T Iwan Kesuma pada acara pembukaan mengatakan, Pemko Banda Aceh sangat mengapresiasi dan mendukung upaya pelestarian dan penanaman nilai-nilai tradisi melalui permainan tradisional anak.

Seperti yang diaplikasi dalam kegiatan Pameran dan Festival seperti yang dilakukan oleh Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI dan Balai Pelestarian Nilai Budaya Banda Aceh.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu bagian dari pewarisan tradisi kepada generasi muda kita, khususnya anak-anak SD/MI se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar yang tentu saja menjadi bagian terpenting bagi pembentukan karakter dan jati diri masyarakat Aceh di kemudian hari,” ujar Iwan  Kesuma saat membacakan sambutan Walikota Banda Aceh, Rabu (9/9).

Kepada seluruh peserta dan instansi terkait, Iwan meminta terus mengaktualisasi bahkan mereaktualisasi nilai-nilai positif tradisi sebagai budaya dari endatu. Sehingga dapat mengangkat kembali harkat dan martabat bangsa, selaku pemilik dan pewaris budaya sehingga bisa bertahan dan akan lestari untuk selama-lamanya.

Iwan juga berharap, penyelenggaraan pameran ini dapat membangkitkan kesadaran nilai budaya kepada siswa-siswi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Sehingga lebih mencintai permainan tradisionalnya, khususnya yang sesuai dengan akar dan jati diri budaya Aceh khususnya, dan nusantara umumnya.[r]

Komentar
Baca Juga
Terbaru