DATA BMKG 01 Juni 2020

Yok Kenali Gejala Kanker Secara Dini

Yok Kenali Gejala Kanker Secara Dini

foto by kesehatan82.blogspot.com

HABADAILY.COM – Kanker akan menyerang siapapun. Tak mengenal usia maupun jenis kelamin dan bila tidak segera berobat akan berakibat fatal. Hal yang harus dilakukan adalah mendeteksi secara dini.

Jika dibagian tubuh Anda terdapat sebuah benjolan atau bengkak yang terus membesar dalam waktu singkat, segera periksa ke rumah sakit. Karena bisa jadi itu adalah tumor ganas atau kanker.

Sifat dari kanker ini ialah cepat berkembang dan menjalar. Jadi apabila kanker sudah besar, bisa menyebabkan gangguan pada fungsi organ. Kanker bisa menyerang seluruh bagian dibadan manusia, baik mata, mulut, perut, tangan, maupun kaki.

dr. M. Riswan Sp. PD-KHOM-FINASIM, ahli penyakit dalam dan konsultan kanker penyakit dalam di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) mengatakan, kanker adalah pertumbuhan sel yang abnormal dan ditandai oleh dua hal, pertama berkembang dengan cepat dan kedua bermetastase atau menjalar.

“Jadi sel abnormal itu tumbuh dan lama-lama makin besar, itulah kanker. Misalnya tiba-tiba ada benjolan di payudara, yang mestinya tidak ada, tiba-tiba ada benjolan, benjolan itu sel, kalau terus membesar dengan cepat, itu kanker,” kata dr. Riswan kepada habadaily.com pada Jumat (7/8/2015) di ruang kerjanya.

Namun, bukan semua benjolan ialah tanda kanker. Ada juga benjolan yang bukan kanker, yaitu benjolan yang sudah dimiliki seseorang sejak kecil, pertumbuhan benjolan pun dirasa lambat dan sampai dewasa masih ada. Nah, itu bukan kanker. Kanker ialah jika benjolan tumbuh dengan cepat.

Untuk mengetahui seseorang menderita kanker, tergantung dari kankernya. Contohnya kanker getah bening, bengkak atau benjolannya terdapat di leher. dr. Riswan mengatakan, semua orang berpeluang menderita kanker. Namun ada kelompok yang berisiko tinggi terkena kanker.

Faktor resiko kanker ialah riwayat kanker dalam keluarga, terpapar dengan zat kimia, faktor usia (cenderung kepada orang tua), dan perokok. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera memeriksa jika ada tanda-tanda kanker. Karena jika kanker sudah membesar, akan mengganggu fungsi organ di tubuh.

“Kalau seorang anak ditemukan benjolan yang tumbuh dengan cepat harus segera diperiksa, jangan ditebak-tebak penyakitnya. Curigai tanda kanker, untuk memastikan akan dilakukan pemeriksaan jaringan. Ini ada di RSUZA,” tutur dr. Riswan.

Sementara itu, minimnya pengetahuan masyarakat terhadap kanker menjadi salah satu faktor telatnya dokter menangani pasien. dr. Riswan menyebutkan, rata-rata pasien kanker yang berobat ke RSUZA sudah dalam stadium tiga dan empat.

“Ada beberapa faktor yang sebabkan pasien kanker telat ditangani, yaitu faktor pengetahuan, penderita kanker tidak mengetahui kalau sudah terkena kanker dan enggan memeriksa ke RS dan faktor kepercayaan terhadap hal gaib,” ujar dokter kelahiran Meuredu yang juga menjabat sebagai ketua tim kanker RSUZA ini.[acl]

Komentar
Baca Juga
Terbaru