DATA BMKG 27 Oktober 2020

Maghfirah Sapa Dunia Lewat Lantunan Ayat Suci

Maghfirah Sapa Dunia Lewat Lantunan Ayat Suci

Maghfirah Husen

HABADAILY.COM | Dia Adalah Maghfirah Husen. Ia sosok sederhana yang dianugerahi suara emas. Suara merdunya menghentakkan dunia maya lewat lantunan ayat suci Alquran.

Gadis berusia 22 tahun asal Gampong Blang Kuta II Meunasah, Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen, ini membuat rasa kagum banyak orang, setelah rekaman bacaan Alquran yang dilantunkannya diunggah ke YouTube. Bahkan, konten tersebut viral dalam waktu yang lama.

Juara Tartil Quran pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2009 ini memang memposisikan diri sebagai qariah.

Selain aktif dalam melantunkan ayatayat suci Al-quran, Maghfirah juga melantunkan syair-syair Islami lewat lagu-lagu religinya. "Maghfirah terus menyapa pecinta Al-quran dan lagu lagu bernafas Islam, seperti lagu Asmaul Husna dan beberapa Shalawat Rasul lainnya, begitu juga dengan rekaman ayat ayat suci Al-quran.

":Insyaallah bisa diterima seperti harapan bersama," kata Yacob, abang kandung Maghfirah kepada HD Indonesia.

Menurut Yacob, Maghfirah masih terus hadir di akun Youtube Y_Studio, Begitu juga dengan musik director, masih tetap bersama Desra dengan studio record Y_Studio. Sementara untuk video klip sepenuhnya ditangani Haris.

"Kita berharap, ke depan makin banyak yang menggalakkan lagu bernuansa Islami dari Aceh untuk dunia, seperti salawat nabi dan lagu-agu Islami lainya," harap Yacob.

Sebelum sukses di dunia entertainment, sudah banyak prestasi yang diraih Maghfirah. Selain meraih juara Tartil Quran pada MTQ Bireuen 2009, Maghfirah juga sukses meraih peringkat ketiga Tartil Quran pada MTQ Provinsi Aceh di Takengon, Aceh Tengah.

Namun Maghfirah tidak lolos ke MTQ Nasional Cabang Tartil, karena saat itu Maghfirah sudah kelebihan umur. Menurut Yacob, Maghfirah belajar Alquran sejak kecil. Dia mulai mendalami bacaan kitab suci sejak masuk MIN Blang Mane,  Simpang Mamplam.

Saat itu usianya baru masuk tujuh tahun. Maghfirah belajar mengaji langsung pada ayahnya (almarhum Tgk M Husen) yang juga seorang guru mengaji di Balai Pengajian Yayasan Darul Falah Simpang Mamplam.

Bahkan, kata Yakob, sejak usai anak-anak Maghfirah sering mengikuti perlombaan Tartil Quran, seperti pada Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dan MTQ. Lulusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di STAI Tgk Chik Pante Kulu Banda Aceh ini juga sangat berkeinginan bisa mewakili Aceh pada MTQ Nasional. Keseharian Maghfirah memang fokus mengaji. Setiap hari dia melantunkan ayat suci, dimanapun dirinya berada.

“Saya meng-upload suara adik saya ke YouTube, karena ingin memberi motivasi kepada Maghfirah agar lebih rajin lagi belajar mengaji dan bisa tampil di tingkat nasional maupun internasional. Alhamdulillah, kini video mengaji Makhfirah sudah ditonton lebih 50 juta,” kata Yakob.[]

Tulisan ini sudah tayang di media cetak HD Indonesia Edisi : 16 ( 01- 15 OKTOBER 2020
 

Komentar
Terbaru