DATA BMKG 15 September 2019

Sebelum Poligami, Tonton Lagi Madu Tiga Milik P Ramlee

Sebelum Poligami, Tonton Lagi Madu Tiga Milik P Ramlee

HABADAILY.COM—Lagu Madu Tiga yang dinyanyikan Ahmad Dhani sungguh easy listening. Bagi sebagian kalangan, syairnya terdengar kocak sehingga membuat senyum simpul.

Lagu itu sendiri sejatinya pertama kali dirilis oleh P Ramlee, seniman terkemuka Malaysia. Syair lagu tersebut menghiasi film P Ramlee yang berjudul Madu Tiga, yang tayang perdana pada 12 Februari 1964.

Film Madu Tiga merupakan film komedi yang mengisahkan kerepotan memiliki istri lebih dari satu tanpa pertimbangan. Film ini menyabet penghargaan sebagai film komedi terbaik pada Festival Film Asia ke-11 di Taipei pada Mei 1964.

Kisah film ini berpangkal dari Jamil, yang diperankan oleh P Ramlee. Jamil menikahi tiga perempuan yang tak mengetahui bahwa suami mereka ternyata berpoligami.

Istri pertama Jamil adalah Latifah. Keduanya telah menikah 12 tahun. Hingga suatu ketika Jamil menikahi Hasnah. Tentu saja dia tak minta izin ke Latifah atas perkawinan keduanya itu. Namun kepada Hasnah, Jamil bilang bahwa Latifah telah mengizinkannya menikah lagi dengan alasan pernikahan mereka tak melahirkan anak. Meski demikian, dia memberitahu perkawinan kedua ini kepada ayah mertuanya.

Namun ketika sedang menagih uang sewa pada pengontrak rumahnya, Jamil jatuh hati pada anak pengontrak, Rohani. Jamil pun menikahi Rohani.

Dengan bantuan ayah mertuanya, Jamil melakukan berbagai cara agar semua istrinya saling tidak mengetahui kenakalan Jamil. Di sinilah segala kelucuan mengalir.

Hingga akhirnya, ketiga istri Jamil secara tidak sengaja bertemu di sebuah salon. Rohani lalu mengundang Latifah dan Hasnah bertandang ke  rumahnya untuk minum teh. Di rumah itu, ternyata terpasang foto perkawinan Rohani. Akhir kata, ketiga perempuan itu berteman karib. Sedangkan Jamil kian terbelit trik-trik kebohongannya.[dtc/*]

 

Komentar
Baca Juga
Terbaru