DATA BMKG 14 November 2019

Semapa Medya Hus Dari Aceh Untuk Dunia

Semapa Medya Hus Dari Aceh Untuk Dunia

Penyair senior asal Aceh, Medya Hus

HABADAILY.COM -- Saat ini, hampir seluruh warga Aceh mulai familiar dengan seumapa. Ya.. Seni tutur ini kerap ditampilkan dalam acara-acara formal di kalangan masyarakat baik di Aceh mau di manca negara.

Seumapa, yang artinya menyapa, merupakan salah satu seni tutur yang dimiliki Aceh dan Melayu. Seni tutur ini dipenuhi dengan syair pantun dan biasanya dikemas dengan bumbu jenaka.

"Tradisi menyenandungkan seumapa masih sering dihadirkan di berbagai acara, misalnya hajatan pernikahan, syukuran, khanduri, dan perheletan seni di beberapa belahan dunia," Kata penyair senior asal Banda Aceh, Medya Hus, kepada habadaily.com beberapa waktu lalu di Banda Aceh. 

Kata Medya, Dirimya bersama rekan-rekannya, Muhktasar dan Syeh Sofyan, pun mengaku sering diundang di acara pemda yang tamunya terdiri atas pejabat dari pemerintah pusat maupun tamu kehormatan luar negeri.

Baca : Ayo Aktifkan NSP Medya Hus 

"Saat menyenandungkan syair-syair itu masih secara spontan. Kami hanya diberi materi dan konsep saja mengenai apa yang harus disampaikan. Lalu kami melihat keadaan sekitar dan langsung spontan mengucapkannya," ujar Medya.

Medya menjelaskan, selama ini para penyair lebih memilih untuk menyampaikan syairnya secara spontan daripada menulis, karena kesulitan untuk menghafal.

Medya dan rekan-rekannya kini bahkan mencoba untuk melakukan regenerasi agar anak-anak muda di Aceh bisa meneruskan dan melestarikan tradisi seumapa ini.

"Kalau sekarang cuma bertiga, ada satu lagi sudah meninggal. Tapi kami sedang mencoba untuk meregenerasikan," ujarnya.

Komentar
Baca Juga
Terbaru