DATA BMKG 18 September 2019

Sambut Ramdhan, Dayah Raudhatul Qur'an Tungkop Gelar Musabaqah

Sambut Ramdhan, Dayah Raudhatul Qur'an Tungkop Gelar Musabaqah

HABADAILY.COM—Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, Dayah Raudhatul Qur'an Tungkop Darussalam menyelenggarakan musabaqah untuk kalangan internal. Kegiatan bertajuk Qira'atul Kutub (MQK) berlangsung sejak 18 April lalu dan berakhir pada Minggu (28/4) malam, yang ditutup dengan pembagian hadiah untuk para pemenang.

Ketua Umum OSDA-RQ Tgk M Alfa Chair SPd menyebutkan, kegiatan tersebut menjadi ajang tahunan yang diselenggarakan pihaknya di bawah kepengurusan Organisasi Santri Dayah Raudhatul Qur'an (OSDA-RQ).

“Yang kami perlombakan antara lain kitab, mulai dari Kitab Matnul Ghayah Wal Taqrib sampai Kitab I'anathul Thalibin. Lalu lomba pidato dan lomba fahmil kutub,” papar Tgk M Alfa Chair

Dijelaskannya, lomba ini diselenggarakan sebagai bahan evaluasi, peningkatan kompetensi santri setelah satu tahun belajar dan sekaligus sebagai persiapan pulang kampung menjelang Ramadhan. Melalui ujian kitab dan perlomba ini diharapkan santri terus meningkatkan kemampuan dalam setiap disiplin ilmu dan kecakapan dalam berinteraksi dengan masyarakat luas.

Bagi santri pemenang MQK diserahkan hadiah dan piala sebagai apresiasi atas kejuaraanya.

Di kesempatan itu, Pimpinan Dayah Raudhatul Qur'an, Dr Tgk H Sulfanwandi Hasan MA juga berpesan agar setiap santri dapat hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai orang di depan. “Kalau tidak menjadi imam shalat berjamaah, minimal menjadi muazzin di meunasah atau mesjid di kampung halaman masing-masing,” harapnya.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru