Pemko Banda Aceh

Aminullah Usman Buka Lomba Berhitung Fakultas Teknik

Redaksi - habadaily
07 Apr 2019, 16:15 WIB
Aminullah Usman Buka Lomba Berhitung Fakultas Teknik

HABADAILY.COM—Walikota Banda Aceh Aminullah Usman membuka secara resmi acara Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) XXV 2019 Se-Aceh, Minggu (7/4/219), di Gedung Serbaguna AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.

Acara yang mengusung tema ‘Menuju Generasi Aceh Berkualitas yang Cermat dan Tanggap dengan Berhitung Cepat’ ini diikuti oleh 1414 peserta.

Para peserta lomba terbagi dalam enam kategori, yaitu SD A,  SD B,  SD C,  SMP sederajat, SMA sederajat dan umum. Mereka berasal dari tiga kabupaten/kota, yakni Banda Aceh, Sabang dan Aceh Besar yang tergolong dari Regional VII. LBFT ini diselenggarakan secara serentak di tujuh regional, masing-masing regional terdiri dari tiga kabupaten/kota.

Ikut mendampingi Walikota Aminullah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Saminan dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Rizha. Hadir juga Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Lulusi dan Kajur Teknik Sipil, Budi Aulia, serta alumni FT Unsyiah.

Dalam sambutannya, Aminullah menyampaikan apresiasi kepada para panitia dan semua yang terlibat menggelar acara LBFT tersebut. “Ini adalah acara yang sangat baik, lomba menghitung merupakan bagian terkecil dari pembentukan kecerdasan anak-anak kita,” kata Aminullah.

Menurutnya, kegiatan itu akan memberikan edukasi yang baik kepada anak dalam bidang menghitung serta tidak takut dengan yang namanya matematika. “Kegiatan ini bukan saja bisa menciptakan generasi emas berhitung cepat, namun output kegiatan ini bisa dijadikan pendamping ke setiap jenjang sekolah,” tambahnya.

Aminullah juga mengatakan kepada para peserta untuk optimis dalam mengikuti kegiatan tersebut. “Bersainglah dengan baik, bagi yang tidak dapat juara tetap focus dan belajar untuk mengikuti lomba di tahun berikutnya,” ujar Aminullah memberi semangat para peserta.

Di samping itu, acara yang telah berlangsung 25 kali sejak 1994 itu, juga memberikan dampak juga bagi masyarakat sekitar. “Para pedagang kecil berjualan di sekitar area gedung, para peserta dari luar daerah pun bisa menikmati Banda Aceh dan membelanjakan uangnya di ibukota. Dan ekonomi masyarakatpun mengalami pergerakan."

“Secara tidak langsung acara ini juga telah turut membantu menggerakkan perekonomian warga kota,” ujar Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Provinsi Aceh ini.

Aminullah tak lupa mengingatkan kepada para pelajar untuk menjauhi narkotika. Di hadapan para orang tua wali murid pun Wali Kota meminta untuk mengawal anak dari barang haram tersebut. “Maraknya narkoba di kota pelajar ini sangat membuat resah, para pelajar harus menjadi garda terdepan dalam mempersempit luang lingkup peredaran narkoba, jangan sampai adik dan saudara kita terkena bahaya narkoba,” pungkasnya.

Ketua panitia, Fadlul mengatakan setelah semua tingkat regional selesai, untuk babak Grand Final, LBFT tahun 2019 ini akan dilaksanakan di Kyriad Hotel pada 20 April 2019. []

 

Loading...