SMA/Sederajad di Bireuen Siap Gelar UNBK

Redaksi - habadaily
16 Mar 2019, 06:25 WIB
SMA/Sederajad di Bireuen Siap Gelar UNBK

HABADAILY.COM—Sejumlah SMA/Sederajad di Kabupaten Bireuen siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Ajaran 2018/2019 yang akan berlangsung sejak Senin (1/4).

Kesiapan itu disampaikan para kepala sekolah usai mengikuti rapat yang berlangsung di halaman belakang SMAN 2 Bireuen, kawasan Cot Gapu, Jumat (15/3) sore.

“Insha Allah, kita sudah sangat siap untuk menyelenggarakan UNBK tahun ini,” sebut Kepala SMAN 2 Bireuen Hanafiah SPd MAP.

Menurutnya, segala keperluan untuk pelaksanaan UNBK telah dipersiapkan jauh-jauh hari, termasuk fasilitas komputer dan koneksi internet. Selain sarana dan prasarana, lanjut dia, para siswa kelas akhir di sekolah itu juga sudah lama mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut.

“Anak-anak juga sudah siap. Bahkan kami optimis, mereka bisa memperoleh nilai sempurna pada UNBK nanti,” sebut Hanafiah.

Total siswa SMAN 2 Bireuen yang akan mengikuti UNBK kali ini berjumlah 391 siswa. “Jumlah ini terdiri 141 siswa laki-laki dan 250 perempuan,” rincinya.

Menyangkut dipercepatnya pelaksanaan UNBK secara nasional, menurut Hanafiah, hal itu tidak menjadi masalah bagi pihaknya dalam menuntaskan materi ajar bagi para siswa. “Semua mata pelajaran kita padatkan dan tuntaskan sebelum pelaksanaan UN. Tentunya dengan tidak memberatkan anak didik,” ungkapnya.

Ditegaskannya, daya serap anak didik tetap menjadi perhatian pihaknya dalam memberikan materi ajar. “Meski UN dipercepat, kami tetap mempertimbangkan daya serap anak dalam menuntaskan seluruh materi ajar. Tidak boleh ada unsur paksaan sedikit pun,” katanya.

Senada dikatakan Kepala SMA Negeri 1 Bireuen Hamdani SPd MPd. Menurut dia, sebanyak 386 (108 laki-laki dan 278 perempuan) siswa di sekolah yang dipimpinnya siap mengikuti UNBK tahun ini. “Untuk menghadapi UNBK, segala keperluannya sudah lama kita siapkan. Tinggal pelaksanaannya saja,” katanya.

Hamdani berharap, para siswa peserta UNBK di sekolahnya bisa meraih hasil maksimal nantinya. “Semoga mereka meraih nilai UNBK terbaik, sesuai harapan kita bersama,” tandasnya.

Secara umum, total peserta UN 2018/2019 untuk tingkat MA/SMA/SMK di Kabupaten Bireuen berjumlah 6.310 siswa (2.849 laki-laki dan 3.461 perempuan). Mereka masing-masing dari SMA berjumlah 3.458 siswa (1.333 laki-laki dan 2.125 perempuan), SMK sebanyak 1.128 siswa (738 laki-laki dan 390 perempuan), dan MA berjumlah 1.724 siswa (778 laki-laki dan 946 perempuan).[]

Loading...