Umuslim Buka Penjaringan Calon Peserta MTQ Nasional

Redaksi - habadaily
09 Mar 2019, 23:33 WIB
Umuslim Buka Penjaringan Calon Peserta MTQ Nasional Rektor Umuslim, Amiruddin Idris

HABADAILY.COM—Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XVI yang akan berlangsung Juli mendatang di Banda Aceh menjadi momen penting bagi para qari/qariah di kalangan mahasiswa. Menghadapi ajang tersebut, Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, akan membuka penjaringan qari/qariah tingkat kamus sejak 18 Maret 2019

“Seleksi peserta MTQ ini merupakan kegiatan dan program rutin kampus dalam upaya menjaring qari-qariah dari kalangan mahasiswa,” sebut Rektor Umuslim Dr H Amiruddin Idris SE MSi melalui Kabag Humas Zulkifli MKom, Sabtu (9/3/2019).

Menurut dia, kegiatan tersebut sekaligus untuk menumbuhkan budaya baca Alquran dan upaya pembentukan karakter yang islami di kalangan mahasiswa sesuai visi misi Umuslim.

Dikatakannya, hasil seleksi nantinya akan di-TC-kan dengan mendatangkan pembimbing berpengalaman dari Hipqah Bireuen. “Bagi mahasiswa peserta MTQ juga akan kita berikan beasiswa," ujar Rektor melalui Kabag Humas.

Dia menjelaskan, MTQ Mahasiswa tingkat nasional merupakan agenda tahunan Kemenristek Dikti yang digelar setiap dua tahun sekali. Tuan rumah ditetapkan secara bergilir seluruh Indonesia.

"Tahun ini merupakan MTQM Nasional yang ke-16 dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh menjadi tuan rumah. Pelaksanaannya dimulai tanggal 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2019," tambah Zulkifli.

Ketua panitia seleksi, Najmuddin MA menambahkan, seleksi peserta MTQ Mahasiswa Nasional akan dilaksanakan di Mushalla Kampus Umuslim pada tanggal 18 Maret 2019. Bagi mereka yang terpilih akan mengikuti Training Center (TC) yang diadakan mulai 25 Maret hingga 25 Juli 2019.

"Kepada mahasiswa yang ingin ikut seleksi agar dapat mendaftar pada dosen agama dan Prodi masing-masing. Atau hubungi langsung panitia melalui kontak person 085260398939 atau 085270909979," pungkas Najmuddin.[]

Loading...