Ini Sosok Finalis Puteri Indonesia 2019 Asal Aceh

Redaksi - habadaily
08 Mar 2019, 20:41 WIB
Ini Sosok Finalis Puteri Indonesia 2019 Asal Aceh

HABADAILY.COM— Mewakili Aceh untuk berkompetisi di Puteri Indonesia 2019 merupakan hal yang luar biasa bagi Keny Suwanda. Melalui ajang ini, ia ingin menyuarakan tentang pelestarian lingkungan terhadap masyarakat Indonesia.

Di antara finalis lainnya, hanya Keny yang mengenakan hijab. Hal itu bukan masalah baginya, sebab tujuan utamanya mengikuti ajang ini adalah menyuarakan kepeduliannya terhadap pelestarian lingkungan.

"Tujuan saya di Puteri Indonesia hanyalah untuk mempromosikan daerah saya," ucap Keny saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Maret 2019.

Perempuan kelahiran Lhokseumawe ini ingin mengembangkan potensi dan kemampuan yang ia miliki. "Sebab saya bukan membawa nama saya, tapi nama Provinsi Aceh," lanjut Keny.

Karena itu, hijab bukanlah patokan utamanya untuk memenangkan ajang bergengsi ini. Baginya, pendapat orang tentang provinsi tercintanya lebih penting daripada pendapat tentang dirinya.

Melansir laman puteri-indonesia.com, Keny bekerja menjadi partisipan pelestari lingkungan di Aceh. Apalagi ia sangat menyukai pantai, membuat advokasinya berfokus terhadap kelestarian laut yang bertajuk Save The Ocean.

Keny pun menjadi penggagas komunitas pecinta laut kota Lhokseumawe yang bernama Thallasophiles Petro Dollar Community. Melalui komunitas ini, ia mengajak para pecinta laut juga berusaha menjaga kelestarian laut melalui beberapa aksi.

Aksi tersebut berupa bersih-bersih pantai, pengolahan sampah menjadi barang bernilai jual dan pembinaan kepada nelayan untuk lebih bijak dalam menangkap ikan.

Di samping semua aksinya, Keny juga menekankan bahwa soal hal lain. "Saya ingin mengajak generasi muda untuk sadar bahwa hijab bukanlah halangan untuk kita berkarya," tegasnya.

Ketika ditanya mengenai partisipasinya di dunia internasional, Keny mengatakan bahwa itu belum menjadi fokusnya. "Saat ini, saya akan lakukan yang terbaik untuk memperkenalkan Aceh dengan keunikannya," tutup finalis Puteri Indonesia 2019 asal Aceh ini.[liputan6]

Loading...