Mahasiswa Unsyiah KKN Internasional ke Malaysia

Redaksi - habadaily
25 Jan 2019, 23:27 WIB
Mahasiswa Unsyiah KKN Internasional ke Malaysia Mahasiswa Unsyiah KKN Internasional ke Malaysia | FOTO:HABADAILY.COM/IST

HABADAILY.COM - Sebanyak 8 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional ke Malaysia. KKN Internasional ini akan berlangsung di Kampung Kota Aur, Pulau Penang, pada tanggal 28 Januari hingga 17 Februari 2019.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Marwan, Kamis (24/1) saat melepas rombongan mengatakan, KKN Internasional tahun ini merupakan periode kedua pelaksanaannya. Sebelumnya di tahun 2018, Unsyiah juga telah mengirim 15 mahasiswa untuk KKN di Perak, Malaysia. Menurutnya, KKN ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk berinteraksi dan berkontribusi kepada masyarakat internasional. Semangat ini sejalan dengan visi Unsyiah yang ingin menjadi bagian masyarakat internasional, yang bukan hanya melibatkan dosen, tetapi juga mahasiswa.

“Lewat KKN Internasional sebuah universitas dapat berkontribusi, sekaligus melatih mahasiswa untuk beradaptasi secara global,” ujarnya.

Marwan berharap kegiatan ini dapat membentuk karakter dan membuka pikiran baru bagi mahasiswa. Terlebih lagi Malaysia memiliki budaya dan suku yang beragam. Ia juga mengajak mahasiswa untuk menggunakan kesempatan ini dengan baik. Sekaligus menjadi duta untuk mempromosikan Unsyiah dan Aceh selama di sana. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan citra positif tentang Aceh, sehingga masyarakat Malaysia tertarik untuk melanjutkan studi ke Unsyiah.

Sementara itu, Kepala Urusan Internasional Unsyiah, Dr. Muzailin Affan, mengatakan pemilihan Pulau Penang sebagai lokasi KKN Internasional karena Aceh dan Malaysia memiliki kedekatan khusus secara historis. Terlebih di Pulau Penang terdapat beberapa situs sejarah yang berhubungan langsung dengan Aceh. Untuk itu, Muzailin berharap para mahasiswa dapat melakukan ziarah dan tapak tilas untuk melihat sejarah lebih dekat.(RIL)

Loading...