Inilah Artis Aceh yang Menjadi Wakil Rakyat di Parlemen

Suryadi KTB - habadaily
03 Feb 2018, 15:30 WIB
Inilah Artis Aceh yang Menjadi Wakil Rakyat di Parlemen Ini Artis Aceh Menjadi Wakil Rakyat di Parlemen | FOTO:HABADAILY.COM

HABADAILY.COM -  Pemilu legislatif tahun 2014 silam diramaikan kehadiran arits-artis lokal Aceh. Namun, tak banyak artis yang lolos sebagai wakil rakyat di Parlemen

Hasil telusuri habadaily.com, ada tiga artis yang tergolong sukses dengan karyanya di Aceh. Dua di DPD RI dan satu lagi di DPRK Aceh Besar. Berikut artis yang berhasil duduk di kursi parlemen itu.

Sudirman alias Haji Uma Lolos ke Senayan dengan perolehan suara 136.964, dikenal sebagai komedian asal Aceh dengan nama Haji Uma dalam film komedi Eumpang Breuh yang di produksi oleh Dhien Keramik dan Planet Broadcasting.

Haji Uma pria yang lahir di Puntuet, 10 November 1974. Ia berharap bahwa sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara merupakan upaya menumbuhkembangkan semangat nasionalisme. 

Dengan tingginya semangat nasionalisme ini, maka kecintaan terhadap Bangsa Indonesia semakin meningkat.
"Dengan tumbuhnya rasa nasionalisme, maka turut tumbuh pula semangat persatuan dan wawasan nusantara, sehingga ikut merasa memiliki satu sama lain," kata Sudirman. seperti dilansir di web resmi dpd.go.id.

Indonesia, kata dia, merupakan bangsa yang besar dan memiliki perbedaan keberagaman. Nasionalisme inilah menjadi perekat keberagaman dan perbedaan tersebut.

Baca:Gubernur dan Ketua DPR Aceh: Dukung Penolakan Prilaku LGBT

Baca :Kisah Pengakuan Hijrah Seorang LGBT di Aceh

Rafli  adalah sosok yang mencintai seni dan sebagai seorang seniman, Rafli acap kali memasukan unsur budaya dalam setiap lagunya. Lahir di Aceh Selatan, 1 Agustus 1967, Rafli lolos ke Senayan dengan mengantongi 134.509 suara.

Menurutnya, bernyanyi dan menciptakan lagu sebagai usaha  menjaga budaya, khususnya dalam konteks Aceh. Budaya baginya merupakan hal yang penting sebagai suatu instrumen dalam perubahan secara daerah.

Pendekatan budaya baginya dapat memunculkan hal yang disebut Rafly dengan Rekonsiliasi Batin. Rekonsiliasi Batin menurutnya, akan membuat semua dimensi dapat berfikir jernih dan komprehensif. Kini setelah menjadi Senator, Rafli berharap dapat lebih berkontribusi dalam memajukan Aceh dari berbagai aspek termasuk budayanya.

Tgk. Mufaddhal Zakaria atau yang lebih populer dengan nama artis Fauzan FAC.  Dia adalah Sekretaris Partai Damai Aceh (PDA) Kabupaten Aceh Besar, dan saat ini dia duduk di kursi parlemen di DPRK Aceh Besar. 

Pelantun lagu Pop Pop Moto Ijoe kini memiliki tugas berat menjadi wakil rakyat di DPRK Aceh Besar. Dia juga ketua Fraksi PDA dan PNA untuk DPRK Aceh Besar. 

Demikian tiga putra Aceh yang notabennya seniman yang saat ini masih duduk di kursi parlemen.