DATA BMKG 14 Oktober 2019
Album Kedua RialDoni Gandeng Cut Dhea

RialDoni Siap Taklukkan Ibukota

RialDoni Siap Taklukkan Ibukota

RialDoni dan Cut Dhea

HABADAILY.COM - Setelah mendapatkan kontrak dari MyMusic Records, RialDoni kini resmi menapaki karir di blantika musik nasional. Musisi asal Aceh ini pun siap menaklukkan ibukota dan bersaing dengan para musisi besar lainnya.

Berawal dari musisi lokal yang hanya berkiprah di Aceh dengan lagu-lagu Aceh—akhirnya RialDoni berhasil menembus blantika musik nasional. Belum lama ini, tepatnya tanggal 09 September 2019, mereka menandatangani kontrak dengan label musik nasional My Music Records salah satu label besar di Jakarta yang sukses melahirkan musisi-musisi besar tanah air.

Vokalis RialDoni- Syahrial

Perjalanan RialDoni menembus pasar musik nasional terhitung singkat. Setelah dibentuk tahun 2017, nama mereka langsung melejit lewat lagu ‘Rindu’ yang ada di album perdana bertajuk ‘Dara Gampong’.

Sampai sekarang masyarakat Aceh, khususnya kaum muda-mudi, masih sangat menggemari lagu Rindu-nya RialDoni. Ini terbukti dari jumlah viewers lagu tersebut masih terus meningkat, hampir menembus angka lima juta viewers. Lagu ‘Rindu’ juga menjadi request wajib dari penonton setiap kali RialDoni konser.

Selain bernyanyi dari panggung ke panggung, RialDoni juga aktif menyebarkan lagu-lagu dan albumnya melalui situs video terpopuler di dunia, YouTube. Hingga kini, subscriber RialDoni sudah mencapai 74 ribu dan ditonton sebanyak lebih dari 27 juta kali.

“Berkat pencapaian lagu Rindu, label My Music Records tertarik untuk membawa RialDoni ke tingkat nasional,” kata Manager RialDoni, Amri Azoka kepada HD Indonesia, Rabu (11/09/2019).

Dijelaskannya, pada tanggal 16 Juli RialDoni diundang ke Jakarta untuk ber-temu langsung pimpinan MyMusic Record, William. “Sepulang dari pertemuan pertama itu, Pak William memberikan tantangan un-tuk Rial agar membuatkan lagu berbahasa Indonesia,” papar Amri Azoka.

Sesampai di Aceh, lanjut dia, Rial langsung mengerjakan PR tersebut ber-sama partnernya, Doni. Melihat progres dengan hasil yang bagus dan sesuai dengan ekspektasi management MyMusics Records, William langsung mengundang kembali Ri-alDoni dan Tim-nya (Move On Management) untuk menandatangani kontrak kerjasama. Dan sah, kini RialDoni sudah resmi menjadi artis MyMusic Record.

Dengan demikian, RialDoni kini berada di bawah label yang sama dengan sederet artis besar ibukota, seperti Anji, Cakra Khan, Tiffany Kenanga, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Fredy, Tasya Tania, Achikochi, Maria Calista, Marshall, Govinda, Dega, Asmara, dan Nisya Ahmad yang juga berkarir di bawah payung MyMusic Record.

“Dengan pencapaian RialDoni hari ini, menambah pula daftar musisi Aceh yang berhasil tembus level nasional. Semoga pencapaian RialDoni juga menjadi kebang-gan bagi seluruh masyarakat Aceh. Paling tidak, menjadi motivasi bagi musisi-musisi lainnya di Aceh, bahwa kita juga mampu bersaing di tingkat nasional,” sebut Amri.

Untuk album kedua RialDoni direncanakan mulai beredar September 2019. Dalam album ini turut menghadirkan pendatang baru di blantika musik Aceh, yakni Cut Dhea.

“Ada sedikit perbedaan dalam album kedua kali ni, kehadiran Cut Dhea menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta musik dan lagu Aceh. Semoga sajian kali ini mampu mencapai hasil yang lebih baik lagi,” harap Amri.

Gitaris RialDoni- Doni

SEKILAS RIALDONI

Nama RialDoni merupakan penggabungan dari nama Syahrial selaku vokalis dan Doni Rosa Yandi yang merupakan gitaris handal di blantika musik Aceh.

Syahrial atau biasa dipanggil Rial merupakan musisi kelahiran Lamno, Aceh Jaya. Ia mulai aktif bermusik sejak masih duduk di kelas 2 SMA (2008) di Lamno.

Sejak itu, anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan Mahyuddin (Alm) dan Juairiah ini mulai dikenal oleh banyak kalangan karena memiliki vokal yang bagus dalam bermusik.

Karir musiknya perlahan-lahan mulai meningkat setelah Rial menempuh pendidikan sarjananya di sebuah perguruan tinggi di Banda Aceh. Terlebih, setelah ia bertemu Doni Rosa Yandi dan membentuk RialDoni dengan menelurkan album perdana bertajuk Dara Gampong.

Setali tiga uang dengan Doni Rosa Yandi. Ketertarikandan bakat Doni pada musik khususnya gitar sudah sangat dominan terlihat sejak ia masih kuliah di Banda Aceh. Kisahnya berawal saat tsunami melanda Aceh, termasuk rumah Doni porak-poranda diterjang bencana maha dahsyat itu. Di antara puing-puing rumah, ia menemukan gitar tua peninggalan keluarganya yang tidak rusak diterpa tsunami. Doni memungut gitar tersebut, lalu mulai bertekad untuk menjadi musisi besar.

Dengan gitar inilah Doni mulai mempelajari sendiri teknik bermain gitar. Dalam waktu yang singkat, dia dengan cepat mahir memainkan ritme lagu-lagu milik Peterpan (NOAH). Dalam perjalanan musiknya, Doni sempat membentuk Band Relief  dengan vokalis cewek. Lalu berinisiatif membentuk band etnik, hingga berhasil melahirkan Tangke Band. Belakangan seorang teman mengajaknya untuk bergabung dengan Amoba Band dengan vokalis Rial. Ini pula yang menjadi cikal bakal lahirnya RialDoni hingga mereka berkarir sebagai musisi profesional.

VOKALIS CEWEK 

Untuk album kedua, RialDoni ikut menggandeng vokalis cewek bernama Cut Dhea Safira. Pendatang baru yang akrab disapa Dhea atau Dek Cut ini memang sedari kecil sudah memiliki hobi menyanyi. Namun, sejak meninggalkan bangku SD, Dhea baru mulai mengasah hobinya tersebut dengan tergabung menjadi vokalis dalam Grup Rebana dan Nasyid di SMP. Bakat Dhea di bidang tarik suara semakin terlihat ketika ia duduk di bangku SMA. 

Vokalis - Cut Dhea

Dhea sering membuat video cover berdurasi pendek, lalu di-upload ke akun instagramnya. Suaranya yang syahdu berhasil memikat para pendengar dan tidak sedikit yang penyebutannya mirip dengan penyanyi religi Nisa Sabyan.

Semangat Dhea dalam dunia tarik suara semakin bertambah dan mulai membentuk grup duo dengan akun instagram @coverbyrd bersama rekannya, Rima yang memiliki talenta ber-beatbox. Dalam akun tersebut, Dhea dan Rima sering mengupload video-video cover mereka. Sampai akhirnya Dhea dan Rima diajak bergabung dengan ‘Move On Management’. 

Saat tampil di sebuah cafe di Banda Aceh, suara syahdu serta beatbox Dhea dan Rima berhasil mencuri perhatian para pendengar. Lewat lagu ‘Rindu’ yang berkolaborasi dengan penyanyi aslinya RialDoni mendapat antusias yang luar biasa dari para pengguna YouTube. Sejauh ini, lagu tersebut sudah tayang lebih dari 2,5 juta kali di akun YouTube Rialdoni Official. Akhirnya, tim Move On Management kembali mengajak Dek Cut untuk berduet dan menjadi bagian dalam album kedua Rialdoni.[]

Tulisan ini telah dimuat di HD Indonesia - Edisi : 04 ( 16-29 SEPTEMBER 2019 )

Komentar
Baca Juga
Terbaru