DATA BMKG 25 November 2020

Petani Simeulue Butuh Ribuan Alat Pertanian Baru

Petani Simeulue Butuh Ribuan Alat Pertanian Baru

Salah satu alat pertanian di Siemuelue yang sudah rusak | ahmad @habadaily.com

HABADAILY.COM - Petani di Kabupaten Simeulue membutuhkan 5.026 unit alat pertanian baru menghadapi musim tanam dan musim panen mendatang. Alat yang ada selama ini hanya 1.497 unit dan sebagian besar sudah rusak atau tak layak pakai.

Peralatan yang dibutuhkan ini terdiri dari jenis traktor bajak sawah dan mesin perontok padi untuk musim panen pada areal sawah di Siemueleu yang uasnya mencapai 10.927 hektar. Sawah tersebut tersebar di ratusan desa dalam 10 kecamatan di sana. 

Kepala Dinas Pertanian Siemeulue, Kalimubin mengatakan jenis alat pertanian di Kabupaten Simeulue yang tersedia selama ini, hand traktor roda dua 530 unit, power threser 239 unit, dan hand sprayer 627 unit. Alat ini bantua daerah, provinsi dan pusat tahun 2008.  

Dari 1.497 unit alat tersebut diperkirakan hampir separohnya sudah tidak layak pakai atau rusak. Kekurangan alat pertanian, katanya, sering menjadi kendala para petani untuk mengolah sawah mereka dengan maksimal.

"Kita masih sangat banyak membutuhkan alat pertanian (alsintan), untuk memenuhi kebutuhan proses pengolahan sawah dan hasil padi milik petani", kata Kalimubin di Simeulue, Minggu (30/8/15).[jp]

Komentar
Baca Juga
Terbaru