DATA BMKG 04 April 2020

Bank Aceh Syariah Latih Pelaku UMKM Mendapatkan Legalitas Produk

Bank Aceh Syariah Latih Pelaku UMKM Mendapatkan Legalitas Produk

Bank Aceh Syariah Latih Pelaku UMKM Mendapatkan Legalitas Produk

HABADAILY.COM|Meningkatkan legalitas usaha bagi Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM) di Aceh, Bank Aceh Syariah latih 60  pelaku UMKM di Aceh, pelatihan yang di pusatkan di hotel alhanifi banda aceh ini akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 28 hingga 29 januari.

Wakil Pimpinan Bidang Bisnis Bank Aceh Syariah, Muhammad Daniel menyebutkan, Pelatihan legalitas usaha dan produk halal merupakan hasil kerja sama PT.Bank Aceh Syariah Kantor Pusat Operasional dengan lembaga Graamen Replica Aceh,  bertujuan untuk melatih pelaku usaha di Aceh, bagaimana mendapatkan legalitas usaha dan produk.

"Ini tanngung jawab kita bank aceh kepada pelaku umkm agar mereka memahami cara mengembangkan usaha dan memiliki legalitas," sebutnya.

Selain itu menurut Daniel, pelatihan bagi umkm sudah di lakukan sejak tahun 2019,  ada ratusan pelaku umkm yg telah mendapatkan pelatihan dan pelatihan seperti ini akan terus dirutinkan  setiap tahun sehingga pelaku umkm di aceh memiliki kwalitas produk yg bermutu dan jelas legalitasnya.

" Kita akan terus membina Usaha kecil yang ada di aceh, karena usaha kecil juga penompang ekonomi," urainya

Pelatihan yang di gelar di Banda Aceh ini juga di hadiri Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu  Satu Pintu Aceh, Aulia Sofyan.

Menurutnya, saat ini masih sedikit produk Aceh yang di pasarkan di luar negeri, salah satu penyebabnya masih kurangnya pengetahuan pelaku UMKM  cara memasarkan produk tersebut hingga bisa meeambah ke luar negeri.

"Banyak UMKM masih terkendala dengan permodalan dan kemitraan, sehingga  pengembangan usaha masih terkendala,". Sebutnya.

 Aulia berharap para pelaku usaha di Aceh untuk terus memperluas jaringan sehingga produknya dapat dikenal hingga kemancanegara. 

"UMKM harus pro aktif dalam pengembangan usahanya. Dan perbankkan harus menjadi fasilitator atau penengah dalam peningkatan UMKM di Aceh,". Tutupnya

Pelatihan yang digelar selama dua hari ini. Para peserta selain dilatih sistem pemasaran,  juga disosialisasikan proses pengurusan perizinan online, dan juga proses mendapatkan label halal dari MUI.

Komentar
Baca Juga
Terbaru