DATA BMKG 14 Oktober 2019

IKM di Banda Aceh Dilatih Teknik Pemasaran Produk

IKM di Banda Aceh Dilatih Teknik Pemasaran Produk

Pelatihan bagi IKM di Banda Aceh.

HABADAILY.COM—Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh menggelar pelatihan dan pembinaan bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM).  Pelatihan  memperkuat jaringan klaster industri ini berlangsung di Hotel Rasamala Banda Aceh, Selasa (08/10).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh Sofyanudin mengatakan penguatan klaster industri bagi pelaku IKM ini diikuti 30 perserta. “Materi utamanya pembekalan terkait pemasaran produk,” katanya.

Sofyanudin menjelaskan, di Banda Aceh saat ini ada 2.500 IKM. Di antaranya bergerak di bidang makanan, minuman, logam, sandang dan sejumlah produk lainya. Bahkan, sebagian IKM tersebut sudah memiliki sistem produksi dan  pemasaran secara digital.

"Namun masih ada sistem pemasaran dengan cara menjaja ke warung warung. Jadi, mereka ini akan kita bantu melangkah ke sitem pemasaran yang baik," sebutnya.

Khusus untuk prodak kuliner, sebut Sofyanudin,wajib memiliki sertifikat halal dari MUI, izin edar dari BBPOM dan memiliki barkot serta kelengkapan administrsi produk. "Pusat perbelanjaan akan sulit menerima produk makanan dan minuman, apabila tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan," katanya.

Selain itu, menurut Sofyanuddin, produk makanan Aceh digemari para pendatang, baik dalam maupun luar negeri. "Putaran uang dari kuliner Aceh kini mencapai Rp7 triliun per tahun. Berarti produk makanan kita diminati masyarakat internasional," sebutnya.

Pelatihan yang digelar selama lima hari ini, mengadirkan pemateri dari Jogja  Asri Meikawati Hazim SE dan pemateri lainya dari kalangan marketing di Banda Aceh.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru