Di KIP Aceh Utara, Tenaga Harian Mulai Lipat Surat Suara  

Redaksi - habadaily
06 Mar 2019, 12:36 WIB
Di KIP Aceh Utara, Tenaga Harian Mulai Lipat Surat Suara  

HABADAILY.COM– Komisi Independen Pemilihan(KIP) Kabupaten Aceh Utara menggunakan tenaga harian untuk menyortir dan melipa surat suara Pemilu 2019. Mereka diberi honor berdasarkan jumlah kertas suara yang dilipat.

Proses pelipat surat suara dijaga ketat aparat kepolisian dan Bawaslu Kabupaten Aceh Utara. Mulai masuk di ruangan hingga keluar dari ruangan, para pekerja dipantau petugas untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Tenaga pelipat surat suara di KIP Aceh Utara diberi honor Rp80 per lembar.

.“Di hari pertama saya mampu menyelesaikan melipat 550 lembar surat suara, hari kedua meningkat menjadi 850 surat suara, dan dihari ketiga mampu mencapai hingga 1.300 surat suara,” sebut Utari, yang juga mahasiswa semester akhir di IAIN Lhokseumawe.

Menurut dia, penghasilannya dari melipat surat suara semakin hari semakin meningkat dikarenakan sudah mulai terbiasa. “Saya suka pekerjaan ini dan penghasilan saya sekarang sehari sudah lebih dari Rp100.000,” ungkap warga Nibong, Kecamatan Nibong ini.

Lain lagi dengan Almustaqim yang mampu melipat surat suara hingga 2.675 lembar per hari. Penghasilannya per hari lebih dari Rp200.000.

Sekretaris KIP Aceh Utara Hamdani mengatakan pihaknya sangat puas dengan kinerja pesortir dan pelipat surat suara. Menurut dia, mereka bekerja dengan sangat bagus dan sangat membantu pihaknya.

Surat suara tersebut mencakup Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Calon Legislatif (Pilleg) untuk DPD, DPR RI, DPRA, DPRK. (Dedy Syahputra)

Loading...