Kampanyekan Anti Rokok, Letupan Aceh Apresiasi FATAR

Redaksi - habadaily
25 Feb 2019, 17:37 WIB
Kampanyekan Anti Rokok, Letupan Aceh Apresiasi FATAR Ilustrasi : Anti Rokok

HABADAILY.COM – Ketua Lembaga Terpadu Pemasyarakatan Anti Narkoba (Letupan) Indonesia Provinsi Aceh Mahdi Andela MM mengapresiasi Forum Anak Tanah Rencong (FATAR) yang telah menyelenggarakan Festival layang-layang dengan tema “Let’s Play, Let’s Campaign” Minggu (24/2/2019) di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Kegiatan ini menghadirkan sebanyak 455 peserta yang berupakan anak dan orang tua.

Mahdi menyebutkan, kebanyakan pecandu narkoba khususnya jenis ganja, berawal dari rokok. Untuk itu katanya, sebagai upaya mendukung Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia, khususnya di Aceh, Lembaga Terpadu pemasyarakatan Anti Narkoba (Letupan) Indonesia melalui DPD Letupan Aceh terus gencar melakukan berbagai kegiatan untuk menyosialisasikan bahaya narkoba di tengah-tengah masyarakat.

"Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia, khususnya di Aceh harus terus gencar dilakukan melalui berbagai kegiatan positif dalam rangka menyosialisasikan bahaya narkoba di tengah-tengah masyarakat," kata Mahdi yang juga Wakil Sekretaris Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) cabang Aceh ini.

Dikatakannya, sinergi antar berbagai lembaga dan peran aktif masyarakat akan menjadi kunci keberhasilan dalam peperangan melawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Untuk itu, katanya, pihaknya mendukung penuh munculnya gerakan dan lembaga anti narkoba khususnya di kalangan remaja sehingga gerakan bersama menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba akan semakin mudah diwujudkan.

"Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia pada umumnya, di Aceh khususnya, saat ini semakin mengkhawatirkan kita. Jika kita tidak tanggap, maka narkoba mungkin akan menjadi predator paling berbahaya bagi generasi bangsa ke depan," katanya.

Mahdi menambahkan, mengingat peredaran narkoba sudah semakin mengkhawatirkan, maka perang terhadap narkoba harus menjadi pekerjaan "keroyokan" yang tidak hanya dibebankan kepada apparat penegak hukum saja. Seluruh elemen masyarakat harus ikut berperan aktif dalam upaya mengkampanyekan bahaya narkoba bagi manusia.

"Untuk itu, agar generasi kedepan bebas dari pengaruh narkoba, maka kehadiran serta aktivitas berbagai lembaga, gerakan maupun komunitas anti narkoba harus terus didorong," pungkasnya.

Forum Anak Tanah Rencong (FATAR) Minggu (24/2/2019) menyelenggarakan Festival layang-layang dengan tema “Let’s Play, Let’s Campaign” di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.  Pelaksanaan festival bertujuan untuk memperkuat kedekatan anak dan orang tua,  memberikan pendidikan ke masyarakat tentang bahaya rokok bagi kesehatan dan anak, serta melestarikan permaianan tradisional Aceh.

Dalam kegiatan ini, anak-anak yang didampingi orang tua membuat kreasi layang-layang dengan memberikan hiasan terbaik pada layang-layang. Di saat yang sama, sambil bermain, anak-anak juga menyuarakan kampanye “Rokok bukan mainan anak” yang menjadi isu penting bagi anak sebagai pelapor dan pelopor. Kebersamaan orang tua dan anak pada kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kedekatan emosional keluarga antara orang tua dan anak serta memperkenalkan anak ragam permaian tradisional.  (RILIS)

Loading...