Ramai Warga Aceh Buat Pasport Akibat Harga Tiket Pesawat Melonjak

Redaksi - habadaily
15 Jan 2019, 00:46 WIB
Ramai Warga Aceh Buat Pasport Akibat Harga Tiket Pesawat Melonjak Ramai Warga Aceh Buat Pasport Akibat Harga Tiket Pesawat Melonjak | FOTO: NET

HABADAILY.COM - Akibat harga tiket rute penerbangan domestik dari Aceh ke Jakarta sangat mahal. Sejumlah Masyarakat Aceh memilih transit di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia untuk berangkat ke Jakarta. akibatnya kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh sejak awal Januari 2019 setiap hari ramai dikunjungi warga.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh, Muhammad Hatta mengakui ada peningkatan jumlah warga yang memohon pembuatan paspor.

"Biasanya pihak imigrasi mengeluarkan 100 formulir per hari, namun selama dua pekan ini harus mengeluarkan 200 formulir permohonan per hari. Ini salah satu penyebabnya banyak warga yang ingin transit ke Malaysia bila ke provinsi lain," kata Muhammad Hatta, Senin (13/01/2019) di Banda Aceh.

Seorang pembuatan pasport, Ridwan mengaku bila dirinya tidak sanggup untuk membeli tiket penerbangan domestik dari Aceh menuju Malang yang mencapai tiga juta rupiah.

" Kemarin saya membeli tiket pesawat secara online harganya mencapai tiga juta rupiah untuk satu orang. harga tersebut sangat berat apalagu kami mahasiswa," akunya

Pilihan warga untuk bisa mendapatkan harga tiket jauh lebih murah dari harga penerbangan domestik. warga pun rela mengantri untuk mendapatkan paspor untuk bisa transit kenegeri jiran malaysia.

Laporan : Taufik Kelana

Loading...