Dana Aspirasi Anggota DPRK Simeulue Disetujui Rp30 Miliar

Ahmad - habadaily
02 Jan 2019, 13:54 WIB
Dana Aspirasi Anggota DPRK Simeulue Disetujui Rp30 Miliar

HABADAILY.COM - Sebanyak 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Simeulue mendapat dana aspirasi sebesar Rp30 miliar untuk tahun anggaran 2019 ini. Anggaran tersebut sudah disetujui Pemerintah Kabupaten Simeulue dan diharapkan dapat dipergunakan untuk kepentingan publik.

"Masing-masing dewan mendapat dana aspirasi sebanyak Rp1,5 miliar," kata Bupati Simeulue, Erly Hasim, seraya mengatakan persetujuan dana aspirasi ini dilakukan saat dirinya sedang melaksanakan ibadah haji.

Dia berharap dana aspirasi tersebut difokuskan untuk membantu percepatan pembangunan fasilitas paket proyek yang menelan anggaran miliaran rupiah. Seperti pembangunan proyek jembatan di ruas jalan utama antar kecamatan. Menurutnya, proyek tersebut penting dan memiliki manfaat untuk ribuan warga.

"Sehingga ada azas mamfaatnya dan tidak menimbulkan kecemburuan antar warga karena aspirasi," katanya.

Permintaan Erly Hasim ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Simeulue. T. Toni salah seorang warga Sinabang, misalnya.

Dia berharap tidak ada faktor kepentingan kelompok tertentu dalam penggunaan dana aspirasi tersebut.

"Meskipun kita ketahui mekanisme dana aspirasi itu telah diparkir di setiap dinas, namun masih ada intervensi dari pemilik aspirasi," kata T. Tomi, Selasa (1/1/2018).

Hal senada disampaikan Saldi (33), warga Kecamatan Teupah Tengah. Saldi menilai banyak jembatan dapat dibangun dengan dana aspirasi sebesar itu. "Benar, dana aspirasi itu telah menimbulkan dan menciptakan kecemburuan sosial di tengah-tengah masyarakat, contoh seperti pembagian kendaraan becak trail yang tidak tepat sasaran, yang kesannya hanya kepada kolega dan orang dekat wakil dewan," katanya.[bna]

Loading...