Menunggak, PDAM Simeulue Putuskan Seribuan Meteran Air Pelanggan

Ahmad - habadaily
25 Des 2018, 12:39 WIB
Menunggak, PDAM Simeulue Putuskan Seribuan Meteran Air Pelanggan Meteran air PDAM | Ilustrasi

HABADAILY.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Fulawan, Kabupaten Simeulue memutuskan seribuan meteran air milik penggan di wilayah setempat. Pemutusan itu, sebagai bentuk ketegasan perusahaan terhadap pelanggan yang menunggak bayar.

Meteran diputus merupakan milik pelanggan yang tak membayar tagihan mulai dari tiga bulan ke atas. Bahkan, ditemukan pelanggan tak membayar tagihan hingga satu tahun. “Pemutusan ini sebagai bentuk ketegasan kita bagi pelanggan yang tak membayar tagihan air PDAM,” kata Adinul, Direktur PDAM Simeulue, Senin (24/12/2018).

Sebelum pemutusan, kata Adinul, para pelanggan tersebut telah diberikan teguran agar membayar tunggakan mereka.  Namun, ada seribuan pelanggan yang membandel. “Meteran yang sudah kita putuskan sudah ada seribuan meteran dan ini masih berlanjut,” rincinya.

Jumlah tunggakan dari semua pelanggan menunggak tersebutm berkisar Rp 20 juta. Meteran pelanggan akan dipasang kembali oleh petugas PDAM setelah mereka menyelesaikan semua tunggakannya plus denda dari tunggakan tersebut.

Dijelaskan, jumlah pelanggan PDAM Tirta Air Fulawan Simeulue, mencapai 4 ribu rumah tangga, hanya 2.500 pelanggan yang aktif atau rutin membayar iuran air setiap bulannya. Rata –rata per keluarga atau per meteran sekitar Rp 20 ribu per bulan.

Sementara sumber-sumber Habadaily.com menyebutkan, tunggakan tagihan air tersebut tidak hanya bagi pelanggan kurang mampu. Ada dua anggota DPRK dan seorang pejabat daerah setempat yang tagihan airnya menunggak, tetapi sudah dilunasi setelah dipanggil pihak PDAM.

“Ada dua wakil rakyat yang menyerahkan langsung biaya tagihan untuk melunasi tunggakannya, hingga lebih satu tahun kepada Direktur PDAM setempat. Ada juga seorang pejabat yang tagihan airnya menunggak,” sebut sumber yang tak mau disebut namanya itu. [jp]

Loading...