2.321 Turis Kapal Pesiar Berkunjung, Pedagang Sabang Raup Untung

Redaksi - habadaily
18 Des 2018, 16:52 WIB
2.321 Turis Kapal Pesiar Berkunjung, Pedagang Sabang Raup Untung Istimewa

HABADAILY.COM - Dua unit kapal pesiar kembali lego jangkar di Pelabuhan CT 3 BPKS Sabang, Selasa (18/12/2018). Kedatangan kapal yang mengangkut 2.321 turis asing ini turut menggenjot perekonomian warga lokal.

Informasi yang diterima wartawan menyebutkan kapal yang berlabuh kali ini terdiri dari Seabourn Avations berbendera Bahamas/Nassau, dan MS Marella Discovery atau Tui Discovery berbendera Malta/Valletta dari Colombo. 

“Kali ini kita kedatangan turis yang dibawa oleh kapal pesiar Tui Discovery dengan jumlah penumpang 1.752 orang dan 569 orang diangkut dengan kapal MS Seabourn Ovation,” ungkap Kepala Pelabuhan BPKS Sabang, Zulkarnaini Abdullah. 

Seabourn Ovations yang berangkat dari Chochin-India tiba di Sabang sekitar pukul 06.20 WIB. Kapal ini dijadwalkan kembali berangkat menuju Phuket-Thailand pukul 15.20 WIB.

Selanjutnya, kapal Tui Discovery tiba di Sabang pukul 06.20 WIB dan berangkat menuju Phuket-Thailand pukul 18.00 WIB.

Ribuan turis yang menumpang dua kapal pesiar tersebut turut disambut dengan Tari Ranup Lampuan oleh BPKS dan Pemkot Sabang. Mereka lantas mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada di Sabang dengan menggunakan becak motor dan angkutan umum lainnya. 

Baca: Dua Kapal Pesiar Kembali Singgah di Sabang

Ada beberapa tempat yang dikunjungi di Sabang, seperti pantai Iboih, Kilometer Nol, Gapang, serta pusat perbelanjaan dan souvenir di Kota Sabang.

Salah satu pedagang souvenir Sabang, Saudi, mengaku kedatangan ribuan turis ini turut menggenjot pendapatan mereka. "Satu hari bisa meraup keuntungan higga jutaan rupiah saat turis ini singgah ke tampat kami,” kata Saudi.

Enam Kapal Pesiar

Sementara itu, Kepala Pelabuhan BPKS Sabang, Zulkarnaini Abdullah mengatakan sejak setahun ini sudah 6 kapal pesiar yang berlabuh di Sabang. Kedatangan mereka turut memacu perekonomian penduduk, terutama pengusaha di sektor pariwisata.

“Seratusan juta rupiah berputar uang yang dibelanjakan oleh para turis ini,” ujar Zulkarnaini. 

Zulkarnaini mengatakan BPKS Sabang terus berupaya memikat para wisatawan kapal pesiar (cruise) dan kapal layar (yacht) agar berkunjung di Sabang. Upaya ini dinilai tidak sia-sia, apalagi berdasarkan jadwal yang dikantonginya ada 10 kapal pesiar bakal masuk ke Sabang tahun 2019.[bna/ril]

Loading...