Perolehan Zakat di Baitul Mal Simeulue Meningkat

Ahmad - habadaily
04 Des 2018, 20:32 WIB
Perolehan Zakat di Baitul Mal Simeulue Meningkat Ilusrasi By Google

HABADAILY.COM – Perolehan zakat di Baitul Mal Kabupaten Simeulue pada tahun 2018 meningkat 100 persen dari tahun sebelumnya. Diperkirakan, hingga Desember 2018 mendatang jumlah perolehan zakat akan mencapai angka Rp.6,5 miliar.

Estimasi (perkiraan sementara) itu, berdasarkan hitungan pada posisi September 2018 yang sudah mencatat angka Rp.5 miliar.  Sedangkan Rp.1,5 miliar lagi akan diperoleh dari setoran zakat bulan Oktober, November dan November 2018.

"Apabila sudah masuk hitungan yang tiga bulan itu, perolehan mungkin bisa mencapai Rp 6,5 miliar. Ada peningkatan 100 persen dibandingkan tahun 2017 senilai Rp.3 miliar," kata Wakil Kepala Baitul Mal Kabupaten Simeulue Fadhil. BA, Kamis (04/12/18).

Masih menurut Fadhil, peningkatan perolehan zakat di Baitul Mal menunjukkan animo masyarakat menyetorkan zakat ke lembaga daerah tersebut semakin meningkat. Dan, apabila setoran zakat ini dilakukan secara optimal dibaringi semakin tingginya sadar zakat, potensi zakat di Kabupaten Simeulue akan terus meningkat setiap tahunnya.

"Kalau betul-betul sadar zakat di Kabupaten Simeulue, setahun bisa mencapai Rp.20 miliar, apabila seluruh instansi vertikal, BUMN, bank, perusahaan swasta serta zakat yang bersumber dari sumber daya alam lainnya menyerahkan zakatnya kepada daerah. Tetapi selama ini masih banyak mereka menyetor zakatnya ke kantor yang berada di luar daerah," imbuhnya.

Peningkatan perolehan zakat di Baitul Mal Simeulue diapresiasi bupati setempat, Erly Hasim. Kata Erly, apabil intansi vertikal maupun badan usaha vertikal serta perusahaan dari luar daerah yang beroperasi dan berkantor di Kabupaten Simeulue menyetorkan zakatnya ke Baitul Mal tentu perolehan zakat akan terus meningkat.

Oleh karena itu, Erly Hasim mengharapkan petugas Baitul Mal untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar menyetorkan zakatnya ke badan daerah tersebut.  “Sosialisasi harus terus dilakukan agar masyarakat tau tatacara menyetor pajak ke Baitul Mal,” harap bupati. [jp]

Loading...