Pemko Banda Aceh

Aminullah: Rentenir Ini Seperti Kapitalis Kuadrat!

Redaksi - habadaily
03 Des 2018, 18:51 WIB
Aminullah: Rentenir Ini Seperti Kapitalis Kuadrat!

HABADAILY.COM - Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM meluncurkan dua produk baru dari Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Mahirah Muamalah Syariah (MMS), yakni Tabungan Qurban dan Tabungan Umrah. Peluncuran produk ini dilakukan Wali Kota bersama Wakil Wali Kota, Drs H Zainal Arifin dan Sekdakota Banda Aceh Ir Bahagia DiplSE, di Aula Lantai IV Gedung Mawardy Nurdin Balai Kota Banda Aceh, Senin (03/12/2018).

Selain dua produk tersebut, Wali Kota juga meresmikan pos pelayanan MMS Pasar Aceh dan pos pelayanan MMS Balai Kota serta meluncurkan website resmi MMS secara bersamaan dengan pemukulan rapa’i.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang diresmikan tahun lalu sudah memberi manfaat nyata bagi warga Banda Aceh, terutama bagi masyarakat kecil.

“Cita-cita kita mendirikan MMS ini untuk membantu masyarakat kecil mendapatkan modal usaha. Karena pedagang kecil yang hanya butuh modal Rp1 juta hingga Rp2 juta, sulit mendapatkan akses ke bank. Nah, di situ MMS hadir membantu mereka,” kata Aminullah.

Selain membantu pembiayaan, pendirian MMS bertujuan untuk memutuskan hubungan masyarakat kecil dengan rentenir.

“Sangat sulit pedagang kecil berkembang ketika mereka terjerat rentenir. Karena bunganya mencapai 5 persen per hari. Rentenir ini seperti kapitalis kuadrat,” kata Aminullah.

Karenanya, Wali Kota Aminullah mengajak semua elemen ikut menyosialisasikan kepada masyarakat agar tidak menjalin hubungan dengan rentenir. Cara lain, lanjutnya, dengan membesarkan MMS, dimana ikut menjadi nasabah agar semakin banyak dana yang dikelola untuk kemudian dapat membantu masyarakat kecil lebih banyak lagi.

“Kalau 2.500 orang PNS saja menabung masing-masing Rp100 ribu, maka akan ada uang Rp250 juta. Itu bisa membantu 250 orang pedagang kecil. Mari kita bersatu memerangi rentenir di Banda Aceh ini agar masyarakat kita tidak terus terjerumus dalam praktek riba,” tegas Wali Kota.

Pada acara launching produk ini, Wali Kota bersama Wakil Wali Kota, Sekdakota dan Dirut MMS, T Hanansyah ikut menyerahkan santunan untuk anak yatim.

Wali kota juga menyerahkan penghargaan kepada 9 Camat dan 10 Keuchik yang dianggap telah sukses menjadi mitra Lembaga Keuangan MMS.[***]

Loading...