BPBA Minta Warga Waspada Angin Kencang

Redaksi - habadaily
10 Jul 2018, 11:13 WIB
BPBA Minta Warga Waspada Angin Kencang

HABADAILY.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ahmad Dadek menghimbau kepada masyarakat agar memeriksa di sekeliling rumah terhadap benda atau pohon yang berpotensi tumbang. Ini untuk menghindari terjadi kecelakaan.

“Termasuk tolong waspada dan pantau yang ada di fasilitas dan jalan umum,” pinta Ahmad Dadek.

Ahmad Dadek juga meminta kepada pemilik baliho agar melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan masih layak dipergunakan. Terutama baliho yang berada di pinggir jalan, harus dipastikan masih kuat dari terjangan angin kencang.

“Masyarakat juga lebih baik menghindari jalan yang banyak pohon, terutama cemara saat sedang angin kencang,” pintanya.

Ahmad Dadek juga meminta kepada warga, bila terjadi angin puting beliung untuk segera mencari tempat perlindungan. Bila sedang berada di rumah, sekolah, kantor atau ruangan lainnya agar segera mencari tempat evakuasi yang telah disiapkan untuk menghadapi keadaan tersebut.

“Jika tidak ditemukan basment, dapat menuju ke tengah-tengah  dan lantai bawah. Disarankan untuk menjahui jendela, pintu dan dinding terluar bangunan,” jelasnya.

Sedangkan bila sedang berada dalam kendaraan, sebutnya, disarankan untuk segera mencari tempat yang lebih aman atau ke lokasi evakuasi. Bila sedang berada di luar ruangan segera menjauh dari lokasi kemungkinan terjadi angin.

“Kalau terjadi angin tiaraplah serendah-rendahnya, pada saluran air atau lainnya dan lindungi kepala dan leher dengan tangan, termasuk jangan berlindung dibawah jembatan,” tutupnya.

Loading...