Awalnya Mencoba, Eh..'Lincah Busu' Bikin Ketagihan

Rudi - habadaily
13 Mar 2018, 10:39 WIB
Awalnya Mencoba, Eh..'Lincah Busu' Bikin Ketagihan Mustafa tengah meracik lincah dagangannya sebelum dihidang kepada para pelanggan | Rudi| Habadaily.com

HABADAILY.COM - Warung rujak yang satu ini tak pernah sepi, setiap hari ramai dikunjungi  oleh pecinta kuliner. Mereka sengaja datang untuk mencicipi rujak atau dalam bahasa Aceh disebut lincah.

Nah berburu kuliner nusantara di Kabupaten Pidie, memang tidak ada habisnya. Pecinta kuliner pastinya selalu menemukan berbagai macam kuliner sesuai selera.

Kali ini Habadaily.com mengajak Anda untuk mencoba kuliner Lincah Busu. Kuliner rujak khas Aceh ini terletak di Gampong Busu, Kecamatan Mutiara.

Selain dikenal dengan nama gamponya yaitu Busu, warung ini juga di kenal dengan makanan rujaknya yang bisa  memikat pembeli dengan lezatnya cita rasa.

Lincah Busu ini diolah dengan berbagai macam buah-buahan segar. Buah-buahan yang sudah dicincang – cincang dengan halus, kemudian di berikan bumbu khusus dan di aduk dalam periuk atau coberk hingga merata.

“Rasanya memang beda dengan rujak-rujak biasa, apalagi rujak ditaburi kacang seperti ini semakin renyah,” kata salah seorang pengunjung, Fitriani kepada habadaily.com, Senin (12/03/2018).

Pengunjung yang datang untuk menikmati kuliner rujak atau Lincah Busu, pastinya ketagihan dan minta tambah lagi. Kemudian tak sedikit pula pengunjung yang membeli untuk dibawa pulang kerumah.

Selain rasanya yang lezat dan sedap, Lincah Busu juga dijual sangat dengan harga terjangkau. Satu piring dibandrol dengan harga lima ribu rupiah.

“Kami sudah sering kemari, biasanya berdua. Sering juga datang bersama rombongan khusus untuk menikmati Lincah Busu,” ujarnya.

Pecinta kuliner yang menikmati Lincah Busu, umumnya warga Kabupaten Pidie. Namun tak sedikit pula yang datang dari daerah kabupaten lainnya.

Kuliner Lincah Busu ini banyak didapat informasi melalui google maupun postingan media sosial. Seperti rombongan ibu Persit Dandim 0102 Pidie. Mereka datang untuk mencicipi Lincah Busu setelah membrowser di internet.

“Kita coba rujak ini karena sering dibilang orang maupun teman-teman. Tapi rujak ini juga sudah booming di google, buktinya saat kita cari di internet dapat Lincah Busu,” kata Nyonya Desi Dony Indiawan.

Ia juga mengaku, rasa Lincah Busu benar – benar enak dan lezat, baik bumbu kuahnya juga buah-buahan yang serba lengkap, seperti buah nanas, timun, pisang, dan lain sebagainya.

Sementara pemilik warung, Mustafa mengatakan, ia menjual rujak sejak tahun 2003. Rujak yang diracik dirinya selain dinikmati oleh masyarakat biasa, juga sudah pernah di coba oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

“Irwandi sudah pernah makan lincah ini, kemudian  mantan wakil Gubernur Muzakir Manaf juga sempat mencoba saat ke Pidie,” ungkap Mustafa.

Selain itu ia juga mengaku, para wisatawan luar negeri yang datang ke Kabupaten Pidie, juga tidak ketinggalan mencobanya. Seperti warga Korea beberapa tahun lalu yang datang ke warung miliknya untuk mecoba rujak tersebut.

Nah bagi Anda pencita kuliner tidak salahnya mencoba jika berlibur ke Kabupaten Pidie. Ajak teman-teman anda maupun keluarga untuk mencobanya agar tidak ketinggalan dengan Lincah Busu, dijamin bikin ketagiahan.[jp]

 

 

 

 

 

 

Loading...