DATA BMKG 10 Desember 2019

Mahasiswa asal Aceh Ukir Prestasi Debat Bahasa Arab Tingkat Internasional

Mahasiswa asal Aceh Ukir Prestasi Debat Bahasa Arab Tingkat Internasional

Muhammad Zaky

HABADAILY.COM—Mahasiswa asal Aceh, Muhammad Zaky, ukir prestasi dalam ajang Asia Arabic Debating Championship (AADC) 2019 di Islamic Science University of Malaysia (USIM) Malaysia.

Zaki bersama tiga rekan setimnya yang mewakili STIBA Ar-Raayah Sukabumi berhasil meraih juara dua debat internasional, Senin (28/10/2019) lalu.

Kompetisi yang diadakan selama tiga hari di negeri jiran Malaysia itu juga diikuti universitas-universitas Islam Indonesia lainnya, seperti UIN Jakarta, UIN Malang, UIN Yogyakarta, dan Universitas Al-Azhar Jakarta. Namun, satu persatu gugur dan hanya menyisakan kampusnya Muhammad Zaki untuk mewakili Indonesia ke babak final.

Muhammad Zaky, merupakan pemuda asa Bireuen lulusan SMA Al Almuslimun, Lhoksukon. Ia  kemudian melanjutkan studi ke Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Ar-Raayah, Sukabumi, Jawa Barat. Meski membawa nama kampusnya, keberhasilan Zaky juga membawa harum nama Aceh dalam debat bahasa Arab tingkat internasional.

Sebelumnya, pemuda kelahiran Matangglumpangdua 24 Oktober 1997 itu juga menyabet gelar juara dua debat bahasa Arab tingkat Nasional pada ajang Middle East Festival yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu dan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) 26-30 September 2019 lalu.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru