DATA BMKG 26 September 2021

PKK Aceh Santuni Penderita ODGJ di Gayo Lues

PKK Aceh Santuni Penderita ODGJ di Gayo Lues

Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, didampingi Ketua PKK Gayo Lues, Hartati Djahar, menyerahkan bantuan sosial kepada penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kampung Uning Gelong, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues.

HABADAILY.COM—Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati didampingi Ketua PKK Gayo Lues Hartati Djahar mengunjungi kediaman dua penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kampung Uning Gelong, Kecamatan Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues, Rabu (8/9/2021).

Dalam kesempatan tersebut, istri orang nomor satu di Aceh tersebut membawa kebutuhan bahan pokok kepada keduanya. Ia juga memberikan santunan kepada mereka.

Kepada perangkat desa dan Puskesmas setempat yang ikut serta, Dyah meminta agar kondisi dua ODGJ itu benar-benar diperhatikan secara berkala. Ia juga mengingatkan kepada keluarga untuk disiplin memberikan obat. “Jika di kabupaten memiliki kendala dalam penanganan, maka bisa dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa Aceh di Banda Aceh,” kata Dyah.

Menurut laporan Kasie Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Gayo Lues, setidaknya ada 270 orang ODGJ di kabupaten setempat. Pada kesempatan yang sama ia melaporkan sejumlah kendala dalam penanganan pasien gangguan jiwa di daerahnya itu.

Pihak Dinkes Gayo Lues berharap, kedatangan Dyah Erti dapat membantu dan menjadi solusi atas kendala yang mereka hadapi.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru