DATA BMKG 12 Agustus 2020

KAAP dan IsDB Salurkan 7.500 Paket Pencegahan Covid-19

KAAP dan IsDB Salurkan 7.500 Paket Pencegahan Covid-19

Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menerima paket bantuan Islamic Development Bank (IsDB) The King Abdullah Bin Abdul Aziz dan Program for Charity Works (KAAP) untuk Anak Yatim, masyarakat dan Tenaga Medis di Pendopo Gubernur Aceh, Senin, 27/07/2020.

HABADAILY.COM—Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada kepada Islamic Development Bank (IsDB) dan King Abdullah bin Abdulaziz Program for Charity Works (KAAP) yang membantu 7.500 paket kesehatan kepada masyarakat Aceh terdampak covid-19. Sebagian besar paket itu disalurkan kepada anak yatim dan tenaga medis.

"Kami merasa sangat berbahagia dan terbantu sekali. Kami sangat senang anak-anak yatim di Aceh banyak yang memperhatikan. Saya yakin bantuan ini akan meningkatkan semangat anak-anak kita. Menjaga mereka dari keputusasaan akibat dampak COVID-19 ini," kata Nova Iriansyah saat seremonial penyerahan bantuan kepada anak yatim di Pendopo Gubernur Aceh, Senin (27/07).

Pemerintah Aceh kata Nova, terus berupaya agar semua sektor kehidupan masyarakat tetap berjalan dan produktif, namun aman dari Covid-19.

"Jangan sampai masyarakat mengalami kejatuhan, pemerintahan menjadi lumpuh, para tenaga medis putus asa, dan kelompok-kelompok rentan semakin kehilangan daya. Di seputar usaha-usaha itulah saat ini kami terus berjuang," ujar Nova.

Ia menyebutkan, memerangi covid-19, butuhkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak serta kesepemahaman yang sama terhadap cara penanganan dan pencegahan penularan penyakit menular ini. Berbagai informasi dan sosialisasi juga terus digencarkan bahkan saat itu di Aceh masih belum ada yang terkonfirmasi positif covid-19. 

IsDB juga membuat program Orphans Kafala Program (OKP) yaitu program pemberdayaan anak-anak korban Tsunami dan konflik di Aceh. Program itu akan  berakhir pada Desember 2021. Nova berharap ada keberlanjutan program yang bisa dilakukan di Aceh.

Penyerahan bantuan 7.500 paket itu juga berasal di bawah program OKP. Bantuan ditujukan ke masyarakat Aceh yang terbagi atas 1000 pekerja informal, 1000 Task Forces, 2300 Tenaga Medis, dan 3200 Anak Yatim yang berada di bawah asuhan Orphans Kafala Program. Adapun paket kesehatan berupa hand-sanitizer, hand-wash, masker, panadol, pamflet edukasi, dan termometer digital.

Nantinya bantuan Health Kits ini akan didistribusikan ke wilayah Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie/Pidie Jaya, Aceh Utara, dan Sabang. Program ini diberikan dalam rangka emergency respons Covid-19 di Aceh.

Seremonial penyerahan bantuan itu dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Pelaksana BPBA, Kepala Biro Umum Setda Aceh dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru